25 Jawaban Serius Untuk Pertanyaan Iseng

crazy scientist
Suatu kali Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang sesuatu. Tapi sesuatu itu hanyalah hal yang remeh atau malahan aneh atau absurd.

Kemungkinannya Anda tidak akan mendapat jawaban serius, apalagi ilmiah.

Namun kini rasa penasaran Anda akan tuntas mendapat jawaban pada buku nonfiksi terlaris, "What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions" karya Randall Munroe (Mifflin Harcourt Houghton, New York, 2014, 303 halaman).

Randall Munroe (30) adalah pemegang gelar ilmu fisika, dia bekerja sebagai konsultan robot untuk NASA sebelum menciptakan sebuah Webcomic bernama "xkcd," yang memadukan humor dan sains. Dalam perkembangannya, Webcomic xkcd mulai menerima pertanyaan-pertanyaan absurd dari pengunjung dan Munroe menjawabnya dengan landasan ilmiah yang serius.

Pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya itulah yang menjadi dasar buku "What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions". Apa yang Munroe lakukan adalah mengambil pertanyaan yang dia terima melalui e-mail dan berupaya untuk menjawabnya dengan dasar ilmiah dan proses matematika (dia benar-benar ahli di kedua bidang itu).

Ada berbagai jenis pertanyaan aneh maupun absurd yang dia terima, misalnya apa yang akan terjadi jika matahari padam?. Munroe lalu menjelaskan fenomena itu secara ilmiah dibumbui nuansa humor seperti efek menguntungkan dari peristiwa semacam itu (tidak ada jilatan api matahari) daripada hanya mengatakan, "Kita semua akan membeku dan mati."

Bahkan, banyak pertanyaan yang diajukan yang dijawab dengan kemungkinan bahwa umat manusia akan musnah dan/atau planet Bumi akan hancur. Munroe menjawab setiap pertanyaan dengan jelas, terukur dengan sedikit bumbu ironi.

what if ?- randall munroe bbok
What if? - Randall Munroe book

Sepanjang hidup, kita selalu tertarik pada hal-hal berbau absurditas, tidak peduli seberapa keras kita menyangkalnya. Kita tidak pernah kehabisan hal untuk dikatakan di Facebook atau di Twitter tentang hal-hal absurd seperti jumlah populasi orang di Facebook akan melebihi jumlah orang di dunia nyata. Petir itu, pada kenyataannya, tidak menyerang tempat yang sama dua kali, terutama jika itu di Venezuela.

Ada pula beberapa pertanyaan yang diajukan pembaca yang mungkin selama ini telah bertanya-tanya pada diri sendiri, seperti apa yang akan terjadi jika semua orang di Bumi melompat pada saat yang bersamaan (satu hal yang mustahil terjadi). Munroe menjawabnya dengan paparan ilmiah.

Bagian terbaik dari buku "What if?" adalah tentang hubungan antara tabel periodik unsur-unsur kimia dengan manusia. Munroe menjelaskan bahwa dua baris pertama tabel periodik akan baik-baik saja, baris ketiga elemen akan membakar Anda. Tiga baris selanjutnya akan membunuh Anda dalam berbagai cara. Adapun untuk baris ketujuh sampai terakhir, dia mengatakan dengan tegas "Jangan pernah mendekatinya!".

Pada sebagian besar pertanyaan "What if?", hal yang menarik untuk dilihat adalah bagaimana cara Munroe tiba pada jawabannya. Ketika jawabannya adalah tidak menarik atau cukup menyeluruh, ia memperluas jawaban untuk menutupinya. Cara buku ini diatur memungkinkan pembaca untuk membaca satu pertanyaan pada satu waktu. Anda bahkan dapat melewatkan pertanyaan yang tidak Anda suka.

Semua jawaban adalah menakjubkan dengan ilustrasi yang benar-benar lucu. Semua ini memberikan kontribusi untuk kebenaran bahwa kadang-kadang fakta ilmiah lebih aneh dari fiksi ilmiah. Fakta: Munroe sangat populer (ia memiliki jutaan pembaca), sebuah asteroid dinamakan dengan namanya (4942 Munroe).

Berikut adalah daftar 25 jawaban serius untuk pertanyaan iseng yang disarikan dari buku "What If?: Serious Scientific Answers to Absurd Hypothetical Questions" karya Randall Munroe, dimulai dari halaman 1:

Note: Untuk membuka halaman 1-5, mohon tunggu sampai proses loading halaman Intro selesai

Intro12345

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar