25 Fakta Menarik Tentang Kentut

https://tvsoax.blogspot.com/2014/11/25-fakta-menarik-tentang-kentut.html
Kentut atau si "Angin Jahat" sering kali membuat orang sebal. Sebegitu dahsyatnya kentut, sehingga gas tidak berwujud ini mampu membuat berantakan semua acara.

Nonton bareng jadi buyar, acara makan malam romantis jadi gagal, dan banyak orang jadi belajar bagaimana caranya untuk menahan nafas dengan benar agar gas tersebut tidak terhirup.

Walaupun begitu, berbahagialah manusia ketika masih mampu untuk mengeluarkan gas kentut, karena mereka terbukti masih sehat. Ada beberapa fakta menarik tentang kentut yang mungkin anda perlu tahu.

1. Dari Mana Asal Kentut?

Kentut atau Flatus berasal dari dalam usus. Di dalam usus manusia terdapat gas yang berasal dari udara yang tertelan, gas yang hijrah ke usus dari darah, dan gas yang berasal dari reaksi kimia dalam proses pencernaan. Kumpulan gas-gas ini akan masuk semua ke usus dan menunggu untuk dikeluarkan lewat dubur. Setelah dikosongkan, usus siap untuk menerima tampungan gas-gas berikutnya dari dalam tubuh.

2. Apa Komposisi Kentut?

Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkankarbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut.

Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

3. Kenapa Kentut Mengeluarkan Bunyi?

Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut dikeluarkan. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas yang dikeluarkan berbanding kerapatan lubang anus. Makin rapat lubang anus maka suara kentut makin nyaring, sementara lubang anus yang longgar (?) akan mengeluarkan suara kentut yang ngebass.

4. Kenapa Ada Kentut Yang Terasa Hangat dan Tidak bersuara?

Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan menghasilkan panas. Hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, yang walau hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But Deadly).

5. Kenapa Kentut Berbau Busuk?

http://tvsoax.blogspot.com/2014/11/25-fakta-menarik-tentang-kentut.html
Efek Kentut

Bau kentut karena kandungan gas hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Sedangkan kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kadar kebusukannya.

6. Berapa Rata-Rata Volume Kentut Dalam Sehari?

Volume kentut yang dihasilkan manusia rata-rata setengah liter sehari dengan durasi rata-rata 14 kali pengeluaran.

7. Kenapa Kentut Keluar Dari Lubang Anus?

Karena densitynya lebih ringan, gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang usus menjadi bertekanan, sehingga memaksa isi usus, termasuk gasnya untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus.

Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.

8. Apakah Setiap Orang Pasti Kentut?

Pasti. Setiap orang yang masih hidup, pasti memproduksi kentut. Bahkan sesaat setelah meninggalpun orang masih bisa kentut.

9. Benarkah Pria Lebih Sering Kentut Ketimbang Wanita?

Intensitas, volume dan durasi kentut tidak ada kaitannya dengan gender. Kalau terkesan wanita lebih sedikit kentut dibanding pria, itu karena wanita lebih sering menahan kentutnya dibanding pria.

10. Berapa Lama waktu Yang Diperlukan Oleh Kentut Dari Mulai Dikeluarkan Sampai Tercium Baunya?

http://tvsoax.blogspot.com/2014/11/25-fakta-menarik-tentang-kentut.html
Polusi kentut

Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara transmitter dengan receiver. Begitu dikeluarkan, gas kentut segera menyebar sehingga konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama-lamanya.

11. Pada Saat Apa Orang Biasa kentut?

Pagi hari di toilet, yang disebut "morning thunder". Kalau resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah.

12. Mengapa Kacang-Kacangan Bisa Menyebabkan Banyak Kentut?

Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Zat gula tersebut antara lain: raffinose, stachiose, erbascose yang jika mencapai usus membuat bakteri di usus langsung berpesta pora dan membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang kol, susu, jengkol adalah beberapa jenis makanan penyebab banyak kentut selain jenis kacang-kacangan.

13. Apa Saja Penyebab Kentut?

Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum soft drink, naik pesawat udara.

14. Apakah Kentut sama Dengan Sendawa?

Tidak. Meskipun sendawa dan kentut sama-sama muncul dari perut, Komposisi kimianya berbeda dengan kentut. Sendawa mengandung udara, sedangkan kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri.

15. Bisakah Kentut Terbakar?

https://tvsoax.blogspot.com/2014/11/25-fakta-menarik-tentang-kentut.html
Kentut Api

Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang mudah terbakar (gas alam/elpiji mengandung komponen ini juga). Kalau kentut terbakar, nyalanya akan berwarna biru karena kandungan unsur hidrogennya.

16. Bisakah Menyalakan Api Dengan kentut?

Jangan mengada-ada. Meskipun kentut bisa terbakar, konsistensinya lain. Juga suhu kentut tidak cukup panas untuk memulai proses pembakaran.

17. Kemana Perginya Kentut Kalau Tidak Dikeluarkan?

Tidak kemana-mana. Meskipun berbentuk gas, kentut tidak diabsorbsi oleh darah, kentut juga tidak bisa bocor keluar dari usus. Jika tidak dikeluarkan, kentut bermigrasi kembali ke usus dan pada gilirannya akan keluar juga. Jadi kentut tidak lenyap, tapi hanya mengalami penundaan.

18. Mengapa Kentut Anjing Dan Kucing Berbau Lebih busuk?

Karena anjing dan kucing adalah karnivora (pemakan daging). Daging kaya akan protein. Protein mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda, gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau.

19. Termasuk Jenis Apakah kentut?, Asam, Basa, Netral?

Asam. Karena kentut mengandung gas karbondioksisa (CO2) dan hidrogen sulfida (H2S).

20. Benarkah Orang Bisa Mabuk Jika Mencium Kentut 2-3 Kali Berturut-turut?

mabuk kentut
Mabuk Kentut

Benar. Karena pada dasarnya gas-gas yang dikeluarkan oleh kentut adalah termasuk jenis-jenis gas beracun dan hanya sedikit mengandung oksigen.

21. Apakah warna Kentut?

Kentut tidak berwarna karena kentut berbentuk gas.

22. Apakah yang Terjadi Jika Orang Kentut Di Planet Venus?

Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur dan karbondioksida di lapisan udaranya, jadi sebanyak apapun kentut di sanapun tidak ada pengaruhnya.

23. Bisakah Membuat Musik Dengan Kentut?

Bisa. Kentut bisa mengeluarkan bunyi dengan nada yang berbeda-beda karena vibrasi atau getaran yang tercipta saat kentut keluar dari lubang anus. Tehniknya sama saja seperti udara yang keluar dari lubang tiup balon. Keras dan variasi bunyi yang keluar tergantung jumlah volume, tekanan, dan kecepatan gas yang dikeluarkan.

24. Benarkah Pada Beberapa kebudayaan, Kentut Di muka Umum Tidak melanggar etika?

http://tvsoax.blogspot.com/2014/11/25-fakta-menarik-tentang-kentut.html
Mencium Kentut

Benar. Beberapa budaya tidak mempermasalahkan jika ada seseorang yang kentut di depan umum, bahkan mereka justru menikmatinya. Seperti Suku Indian di Amerika Selatan yang bernama Yanomami misalnya, kentut adalah cara mereka saling menyapa satu sama lain. Selain itu, Di Roma kuno, Kaisar Claudius mengesahkan undang-undang yang menyatakan bahwa memperbolehkan kentut di saat perjamuan makan malam kerajaan, karena khawatir menahan kentut dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Di China bahkan ada pekerjaan khusus untuk mencium bau kentut orang lain, dan gaji yang diberikan pun cukup besar yaitu $50.000 per tahun atau kurang lebih sekitar Rp. 41.600.000 per bulan. Bagi Anda yang hobi untuk mencium bau kentut orang lain dan tahan dengan berbagai macam bau yang dihasilkannya, tidak ada salahnya Anda mencoba melamar pekerjaan ini.

25. Benarkah Kentut Itu Ironi Kehidupan?

Benar. Kadang ketika Anda menangis, tak seorang pun yang menyadari linangan air mata Anda. Kadang ketika Anda amat sedih, tak seorang pun yang melihat kepedihan hati Anda. Kadang ketika Anda bahagia, tak seorang pun yang memperhatikan senyum yang mengembang di bibir Anda. Tetapi ketika Anda kentut, semua orang menoleh dan memperhatikan diri Anda. Ironis, bukan?!. (huffingtonpost/int/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

2Komentar

  1. sepertinya yang tidak dibahas, fakta kentut dijadikan sebuah profesi atau pekerjaan di negeri tirai bambu,china

    BalasHapus
  2. Memang tidak dibahas secara detail, karena artikel ini hanya berupa trivia. Mungkin lain kali.

    BalasHapus