8 Gelas Air Sehari : Mitos Atau Fakta ?

8 gelas air
Semua orang tahu bahwa Anda perlu minum 8 gelas air sehari. Nasihat ini telah ada selamanya, jadi itu pasti benar, bukan?.

Mungkin tidak.

Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim bahwa rata-rata manusia perlu minum 8 gelas air setiap hari. Juga, minum banyak air tidak selalu memberikan manfaat yang diklaim oleh banyak sumber. Bahkan, minum terlalu banyak air bisa menjadi masalah.

Klaim yang disalah artikan

Tidak ada penelitian ilmiah yang pernah menyimpulkan bahwa kita harus minum 8 gelas air per hari, sebuah artikel tinjauan tahun 2002 menekankan. Asal usul nasehat yang sering dikutip mungkin berasal dari publikasi tahun 1945 dari Dewan Riset Nasional FAO, USA yang menyatakan bahwa “standar normal" konsumsi air untuk orang dewasa adalah 1 mL untuk setiap kalori makanan. Jadi, seseorang yang makan 2.000 kalori per hari akan membutuhkan 2.000 mL air, atau kira-kira 8 gelas.

Namun, kalimat selanjutnya dalam rekomendasi Dewan Makanan dan Nutrisi itu yang berbunyi, — “Sebagian besar dari jumlah ini telah terkandung dalam makanan siap saji” — mungkin sengaja diabaikan, sehingga rekomendasi ini kemungkinan disalahartikan sebagai instruksi untuk minum 8 gelas air setiap hari.

Asupan air vs cairan

Orang Amerika mendapatkan hampir 20% dari asupan cairan mereka dari makanan, menurut artikel "What We Eat in America" dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional. Sisa 80% dari asupan cairan berasal dari minuman, yang hanya sedikit lebih dari sepertiganya adalah air putih. Minuman lain termasuk minuman ringan, kopi, dan alkohol.

“Anda tidak harus mengkonsumsi semua air yang Anda butuhkan melalui minuman. Anda juga tidak perlu terlalu khawatir tentang tidak pernah merasa haus," tulis dokter anak Aaron E. Carroll, MD, dalam The New York Times. "Tubuh manusia diprogram dengan halus untuk mengisyaratkan Anda akan minum jauh sebelum Anda benar-benar mengalami dehidrasi."

Keuntungan dari lebih banyak minum air putih

Meminum air tambahan tidak selalu memberikan manfaat apa pun bagi rata-rata orang — itu tergantung pada situasi dan individu. Sehubungan dengan penurunan berat badan, orang yang minum air putih, bukan minuman bergula, dengan makanan mengkonsumsi lebih sedikit kalori , meskipun asupan cairan total pada peserta penelitian tampaknya tidak berubah.

Dalam sebuah studi yang menilai efek asupan cairan pada batu ginjal, para peneliti menemukan bahwa minum lebih banyak air menyebabkan lebih sedikit resiko batu ginjal , tetapi minum lebih banyak teh dan alkohol juga mengurangi risiko batu ginjal. Untuk infeksi saluran kemih (ISK), wanita yang minum lebih banyak air mengurangi separuh jumlah ISK mereka serta jumlah antibiotik yang diresepkan, tetapi ini adalah wanita yang sudah memiliki asupan cairan harian yang rendah (>1,5 L).

Kerugian dari lebih banyak minum air putih

Tidak mungkin rata-rata orang bisa minum terlalu banyak air — kita memiliki refleks kekenyangan bawaan yang memberi tahu kita ketika kita tidak perlu minum lagi. Minum terlalu banyak air, yang dikenal sebagai keracunan air atau hiponatremia, lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit, seperti penyakit ginjal, atau pada orang yang menggunakan obat-obatan tertentu yang bersifat diuretik.

Tetapi kadang-kadang orang tanpa penyakit — memang beberapa orang yang paling sehat, seperti pelari maraton dan atlet olahraga ekstrem lainnya — adalah mereka yang berisiko mabuk air. Minum air dalam jumlah besar, dikombinasikan dengan cadangan natrium yang menipis karena aktivitas fisik, telah menyebabkan konsekuensi fatal pada atlet olahraga ekstrem.

Berapa banyak air yang cukup?

Hanya minum ketika Anda haus, itulah yang disarankan Michael J. Farrell, PhD, MSc , profesor, Departemen Ilmu Pencitraan Medis dan Radiasi, Universitas Monash, Victoria, Australia, dan salah satu peneliti dari refleks kekenyangan built-in yang disebutkan di atas.

"Jika kita hanya melakukan apa yang diminta tubuh kita, kita mungkin akan melakukannya dengan benar — minum saja sesuai dengan kehausan daripada membuat jadwal yang rumit hanya untuk memenuhi kuota 8 gelas sehari," kata Dr. Farrell. (mdlinx.com/tvsx)


Admin note: Untuk artikel yang lebih lengkap dan mendetail tentang topik bahasan serupa silakan baca: Minum Delapan Gelas Air Sehari. Apakah Ada Bukti Ilmiah Untuk Itu?.

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar