Curiosity Memotret Panorama Bukit Pasir Membatu Di Mars

sand dunes on mars
Photo-photo panorama planet Mars yang diambil oleh wahana penjelajah NASA, Curiosity, baru-baru ini menunjukkan lanskap luas dari bukit pasir membatu.

Singkapan bukit pasir di daerah yang dieksplorasi oleh Curiosity - dalam istilah geologi disebut unit Stimson - memiliki struktur yang disebut crossbedding pada skala besar dan ditafsirkan sebagai deposit dari bukit pasir yang dibentuk oleh angin dan kemudian membatu.

Bukit pasir membatu yang serupa umum ditemukan selatan Amerika. Geometri dan orientasi crossbedding memberikan informasi tentang arah angin yang menghasilkan bukit-bukit pasir tersebut.

Unit Stimson merupakan lapisan batulempung yang diendapkan dalam lingkungan danau. Curiosity telah memeriksa lapisan yang lebih tinggi dan lebih muda dari Gunung Sharp, dimulai dengan batulumpur di dasar gunung, untuk mencari bukti tentang perubahan lingkungan kuno di daerah itu.

Puluhan gambar dari Iindividual Mast Camera yang diambil pada tanggal 27 Agustus 2015, digabungkan untuk menghasilkan panorama bukit pasir. Curiosity telah melaju sekitar 103 yard (94 meter) dalam dua minggu berikutnya, ke arah selatan. Singkapan dari unit Stimson masih diakses rover, dan peneliti berencana menggunakan rover untuk mengumpulkan dan menganalisis sampel yang dibor di bukit pasir itu bulan ini.

Curiosity telah berada di Mars sejak awal Agustus 2012. Ia mencapai dasar Mount Sharp tahun lalu setelah menyelidiki area yang lebih dekat dengan lokasi pendaratan dan kemudian melakukan trekking menuju puncak gunung. (astronomy.news/tvsx)

mount sharp, planet mars
Mount Sharp - Mars

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar