Aiko Chihira : Robot Humanoid Yang Bekerja Di Department Store

Aiko Chihira: Robot humanoid Yang Bekerja Di Department Store
Mengenakan kimono dan tersenyum, Aiko Chihira menyapa pembeli di pintu masuk department store Mitsukoshi di Nihonbashi, Tokyo. Tapi Aiko bukanlah karyawan toko biasa, dia adalah robot humanoid.

Dikembangkan oleh Toshiba tahun lalu, Aiko memulai debutnya di toko dalam peran barunya berinteraksi dengan pelanggan. Tugasnya adalah menawarkan bimbingan kepada pelanggan tentang informasi toko.

Dari ballik meja resepsionis, Aiko akan menyapa pengunjung dalam bahasa Jepang. Selain itu ia juga dapat diprogram untuk berbicara dalam bahasa lain seperti bahasa Cina dan bahasa isyarat.

Seorang juru bicara Toshiba mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa Aiko diprogram mampu bergerak layaknya manusia termasuk mengeluarkan beberapa ekspresi manusiawi seperti tersenyum dan berkedip. Mulut dan bibirnya bergerak lancar saat berbicara. Penampilan Aiko tidak meniru model tertentu tetapi dirancang untuk memberikan kesan ramah.

Aiko Chihira: Robot humanoid Yang Bekerja Di Department Store
Aiko Chihira

Dalam dunia di mana belanja online adalah raja, Toshiba berharap teknologi humanoid dapat menjadi trend dalam pengalaman berbelanja dengan kehadiran robot pelayan toko.

"Ini akan menjadi hal yang luar biasa jika kita bisa memiliki dia untuk memberikan bimbingan, atau merekomendasikan berbagai hal tentang toko dalam berbagai bahasa termasuk bahasa isyarat," kata Hitoshi Tokuda, manajer divisi pengembangan usaha kelompok Toshiba.

"Orang-orang dapat melihat-lihat dan berpikir, "Oh, itu Aiko, dia bisa berbicara banyak bahasa, mari kita tanya dia", Itulah yang saya harap akan terjadi."

Toshiba mengatakan Aiko memiliki 43 motor yang memungkinkannya untuk bergerak dengan luwes. Aiko dikembangkan oleh Toshiba dalam kemitraan dengan Laboratorium Robot Cerdas Universitas Osaka, Jepang.

Saat ini robot humanoid bukanlah sesuatu yang baru dan itu tidak akan menjadi yang terakhir. Namun, tampaknya harapan untuk robot humanoid mampu melakukan banyak hal masih jauh untuk diwujudkan.

Sejauh ini Aiko belum diprogram untuk menanggapi secara langsung pertanyaan pelanggan, dan meskipun dia mampu menyanyikan beberapa lagu dan gerak tari, itu tidak banyak membantu kecuali demi kepentingan publisitas toko.

Namun demikian, para pelanggan tampak cukup terkesan dengan penampilannya. Ditambah lagi dalam sesi perkenalannya dengan umum, Aiko didampingi oleh penyanyi opera Jepang terkenal, Shoko Iwashita. (dailymail/reuter/digitaltrends/tvsx)


Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar