50 Fakta Menarik Sepakbola dan Piala Dunia (1)

Football
Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan.

Intisari permainan Sepak bola adalah bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput asli atau rumput sintetiis.

Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Bahkan jika sepak bola bukanlah olahraga nomor satu di negara-negara seperti Amerika Serikat, Australia dan beberapa negara lain, ia dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan masyarakat dan terutama anak-anak.

Ada banyak fakta menarik tentang sepak bola dan berikut 50 diantaranya:

1. Sepakbola disebut Football hampir di setiap negara di dunia kecuali Amerika Serikat, Australia dan Kanada yang menyebutnya Soccer.

2. Sepakbola dibedakan dari rugby dalam aturan permainan. Sepakbola terutama dimainkan dengan kaki. Menyentuh bola dengan tangan tidak diperbolehkan dan merupakan pelanggaran yang berakibat kartu kuning.

3. Football berasal dari kata "Association Football". Sementara kata "Soccer" berasal dari kata "Assoc" yang merupakan singkatan dari "Association". Orang-orang Amerika memang suka mempersingkat kata-kata mereka.

4. Piala Dunia adalah turnamen sepak bola terbesar di dunia. Diadakan setiap empat tahun sekali di negara penyelenggara yang berbeda. Diperkirakan 6 Milyar orang menonton pertandingan Sepakbola pada Piala Dunia 2014 di Brazil.

5. Amerika Serikat memiliki hampir 18 juta pemain Sepakbola profesional. Lebih banyak dari negara manapun di dunia. Dari jumlah tersebut, 78 % berada di bawah usia 18 tahun. Pada tahun 1990-an, sepak bola diakui sebagai olahraga yang tumbuh paling cepat dan semakin populer di perguruan-perguruan tinggi di Amerika.

usmnt, us national soccer team
US Man National Team

6. 20 kartu merah ditunjukkan selama pertandingan antara Sportivo Ameliano dan General Caballero di Liga Paraguay 1993.

7. Klub sepakbola ASEC Abidjan dari Pantai Gading mencatat rekor tidak terkalahkan dalam 108 pertandingan antara tahun 1989 dan 1994.

8. Pemain pertama yang mendapat kartu merah di Piala Dunia adalah Carlos Caszely dari Chili. Dia mendapatnya di Piala Dunia 1974.

9. Tim-tim dari Eropa selalu mencapai putaran final Piala Dunia, kecuali pada Piala Dunia 1930 dan 1950.

10. Kiper Arthur Wharton (18 Oktober 1865-13 Desember 1930) asal Ghana adalah pemain sepak bola profesional kulit hitam pertama di dunia. Dia bermain di Liga Skotlandia dan Liga Inggris antara tahun 1885 s/d 1902.

arthur wharton
Arthur Wharton

11. Tahun 1950 India memboikot Piala Dunia karena FIFA menolak untuk membiarkan tim mereka bermain tanpa sepatu.

12. Spanyol tersingkir pada kualifikasi Piala Dunia 1954 karena kalah dalam undian sedotan. Luigi Franco Gemma, seorang anak Italia yang ditugaskan melakukan undian dengan mata tertutup, memilih sedotan bertuliskan Turki sebagai pemenang.

13. Penarol hanya kebobolan lima gol dalam 18 pertandingan dan menjuarai Liga Uruguay 1968 dengan mencatat rekor tak terkalahkan.

14. George Weah membiayai seluruh kebutuhan timnas Liberia sehingga mereka bisa tetap berpartisipasi pada Piala Afrika 1996.

15. Pada tahun 1957, Charlton Athletic sampai menit ke 60 masih tertinggal dengan skor 5-1. 30 menit berikutnya, mereka berhasil membalikkan keadaan dan mengalahkan Huddersfield Town dengan skor tipis 7-6.

Charlton Athletic vs Huddersfield Town 1957
Charlton Athletic vs Huddersfield Town 1957

16. Pemain Nigeria, Celestine Babayaro mengalami patah kaki saat merayakan gol pada debutnya untuk klub Chelsea di pertandingan pra-musim.

17. Wasit Inggris Martin Sylvester memberi kartu merah pada dirinya sendiri setelah meninju pemain pada pertandingan di liga amatir Andover 1998.

18. Pada semifinal Piala Dunia 1938, celana pendek pemain Italia, Guiseppe Meazza, melorot ke bawah ketika hendak mengambil tendangan penalti.Dia kemudian memegangi celana pendeknya dan dengan tenang mencetak gol ke gawang tim Brazil yang dikawal oleh kiper Walter Zenga.

19. Jean Langenus dari Belgia mengenakan jas, celana golf dan dasi bergaris-garis merah ketika ia menjadi wasit pada final Piala Dunia 1930.

20. Pemain legendaris Italia, Luigi Riva, pernah mematahkan lengan penonton dengan satu tembakan yang kuat.

luigi riva
Luigi Riva

21. Klub sepakbola Madagaskar, Stade Olympique L'Emryne mencetak 149 gol bunuh diri saat melawan AS Adema pada tahun 2002. Mereka berulang kali mencetak gol ke gawang sendiri untuk memprotes keputusan wasit dalam pertandingan mereka sebelumnya.

22. Michael Laudrup bermain untuk Real Madrid ketika mengalahkan Barcelona 5-0. Kemudian dia pindah ke Barcelona dan ikut menyumbangkan gol saat mereka mengalahkan Real Madrid 5-0!.

23. Pemain Belanda dan Arsenal, Dennis Bergkamp memiliki fobia terbang yang sangat parah. Hal ini menyebabkan dia kehilangan banyak pertandingan internasional dan Eropa.

24. Sir Alex Ferguson dipecat oleh klub St Mirren, Skotlandia, pada tahun 1978 karena memaki seorang wanita.

25. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Piala Dunia 2002 digelar oleh dua negara yang berbeda. Piala dunia ini dimainkan di Korea Selatan dan Jepang.

world cup 2002 Korea-Japan
World Cup 2002 Korea-Japan

26. Oliver Kahn, kiper Jerman adalah kiper pertama yang memenangkan Most Valuable Player Piala Dunia 2002.

27. Di bawah Herbert Chapman, "The Arsenal" berganti nama menjadi hanya "Arsenal" demi supaya bisa tampil di bagian atas daftar abjad Divisi satu (sekarang Premier League).

28. Siaran sepakbola di televisi pertama adalah rekaman latihan klub Arsenal di Stadion Highbury  pada tahun 1937.

29. "PELE" adalah nama yang diakui di seluruh dunia dan berhubungan dengan pemain sepakbola terbesar yang pernah hidup. Bahwa nama asli Pele adalah Edson Arantes do Nascimento, yang hampir tidak dikenal orang, adalah fakta unik dalam sepakbola.

30. Turnamen sepakbola tertua di dunia adalah Piala FA, Inggris. Piala FA pertama kali diselenggarakan pada tahun 1871 dan selama kompetisi ini semua tim dari semua liga profesional Inggris bersaing satu sama lain untuk merebut FA Champion Cup.

fa cup
FA Cup

31. Martinho Eduardo Orige dari Brasil adalah pemegang rekor "juggling" (memainkan bola tanpa terjatuh ke tanah). Dia melakukannya selama 19 jam dan 30 menit.

32. Pemain Brasil, Ronaldo Luís Nazario de Lima memegang rekor pencetak gol terbanyak Piala Dunia. Dia mencetak 15 gol yang membuatnya berada pada daftar teratas pemain paling produktif di Piala Dunia.

33. Pemain tertua yang meraih gelar juara di Piala Dunia adalah kiper Italia, Dino Zoff. Dia telah berusia 40 saat menjadi kiper dan kapten timnas Italia di Piala Dunia 1982.

34. Pemain tertua yang berpartisipasi dalam turnamen Piala Dunia dan juga mencetak gol adalah Roger Milla dari Kamerun. Dia berusia 42 tahun ketika ia bermain di Piala Dunia 1994.

35. Hanya ada tiga orang dalam sejarah Piala Dunia yang mampu memenangkan gelar sebagai pemain dan pelatih. Mereka adalah Mario Zagallo (Brazil) 1958, 1962 (player) & 1970 (manager). Franz Beckenbauer (Jerman) 1974 (player) & 1990 (manager). Dan terakhir Didier Deschamps (Perancis) 1998 (player) & 2018 (manager).

franz beckenbauer in world cup
Franz Beckenbauer on World Cup

36. Pemain Pertama yang gagal melakukan tendangan penalti di Piala Dunia adalah Valdemar de Brito dari Brasil pada tahun 1930.

37. Setelah memenangkan gelar Piala Dunia ke-2 mereka pada tahun 1938, Italia mengalami paceklik gelar selama 44 tahun sebelum memenangkan gelar ketiga mereka pada tahun 1982.

38. Hungaria memegang rekor untuk mencetak gol terbanyak ketika mereka mengalahkan El Salvador 10: 1 pada Piala Dunia 1982.

39. Jerman dan Brasil terus posisi teratas untuk sebagian penampilan di final Piala Dunia. Kedua negara berhasil sampai ke final pada 7 kesempatan yang berbeda.

40. Brasil dan Jerman adalah pemegang rekor paling banyak menjuarai Piala Dunia dengan 5 kali juara.

timnas jerman
Timnas Jerman

41. Jerman memegang rekor menembus semi final Piala Dunia. Jerman telah maju ke semifinal dalam 11 Piala Dunia yang berbeda.

42. Skotlandia 8 kali lolos dari kualifikasi dan merupakan satu-satunya negara yang juga 8 kali tersingkir dari fase grup Piala Dunia.

43. Brasil adalah satu-satunya negara yang selalu lolos ke final Piala Dunia sejak tahun 1930 hingga 2010.

44. Striker Brasil, Ronaldo meraih gelar MVP di final Piala Dunia 1998 melawan Prancis, meskipun Perancis yang memenangkan pertandingan dan menjadi juara.

45. Rekor penonton di Piala Dunia terjadi pada pertandingan final Piala Dunia 1950 antara Brasil dan Uruguay di Satdion Maracana, Rio de Janerio. Ada 199.854 penonton yang menyaksikan pertandinagan itu.

maracana stadium on wold cup 1950
Maracana Stadium on Wold Cup 1950


46. Dari 19 kali Piala Dunia yang telah diselenggarakan, 6 turnamen dimenangkan oleh negara tuan rumah.

47. Belanda, Cekoslowakia dan Hungaria adalah tim spesialis runner-up paling sukses. Mereka semua berhasil masuk dalam dua final Piala Dunia, tetapi tidak pernah memenangkannya.

48. Argentina menyingkirkan Inggris dari Piala Dunia 1986, oleh gol yang dicetak Diego Maradonna dengan tangannya. Gol ini kemudian terkenal sebagai julukan Gol Tangan Tuhan.

49. Kartu merah tercepat dalam sejarah Piala Dunia diberikan kepada pemain Uruguay, Jose Baptista, dalam partai Uruguay melawan Skotlandia. Dia mendapat kartu merah ketika pertandingan baru berlangsung selama 56 detik.

50. Zinedine Zidane, salah satu pemain sepak bola terbesar yang pernah ada, dikenang karena pada pertandingan terakhirnya di lapangan sepak bola pada Piala Dunia 2006, ia menanduk dada pemain Italia, Marco Materazzi yang menyebabkan ia menerima kartu merah dan berakhir dengan kekalahan Perancis. (int/tvsx)

zidane vs materazzi
Zidane Gore Materazzi

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar