Tips Mudah Agar Peralatan Rumah Tangga Anda Awet

tips mudah agar peralatan rumah tangga anda awet
Apakah anda membeli peralatan rumah tangga di toko biasa atau di mall, kemungkinan anda pasti membelinya dengan maksud supaya awet dan bisa dipergunakan bertahun-tahun.

Tapi sama seperti mobil yang memerlukan perawatan rutin seperti ganti oli dan sesekali tune up untuk memperpanjang usia pakai mereka, peralatan rumah anda juga membutuhkan perhatian ekstra.

Peralatan yang terpelihara dengan baik menggunakan lebih sedikit energi, memerlukan perbaikan lebih sedikit dan lebih awet. Dan semua manfaat ini anda dapat menghemat pengeluaran rutin anda.

Di bawah ini adalah beberapa tips mudah agar peralatan rumah tangga anda awet:

Kulkas

kulkas
Kulkas

Gasket kulkas (strip plastik yang membentuk segel antara lemari es dan pintu) membantu menjaga sirkulasi udara dingin di dalam lemari es, juga untuk menghemat energi. Agar gasket tetap elastis dan membentuk segel yang lebih baik, secara berkala bersihkan mereka dengan menghapus semua residu dan melapisi mereka dengan lapisan tipis Vaseline.

Kipas kulkas yang berdebu dapat membatasi aliran udara yang terhisap menyebabkan kulkas gampang panas dan berpotensi cepat rusak. Bersihkan Kipas Kulkas anda dengan vakum genggam.

Mesin Pencuci Piring

mesin pencuci piring
Mesin pencuci Piring

Seperti juga pada kulkas, gasket yang rusak dapat mencegah pencuci piring anda beroperasi dengan benar dan efisien. Debu, retak, atau penumpukan kotoran lain pada gasket dapat menyebabkan mesin cuci piring anda bocor. Bersihkan secara teratur dengan sabun dan air untuk menjaga segelnya tetap kedap air.

Ketika mengisi mesin pencuci piring anda, berhati-hatilah untuk tidak merusak raknya. Rak biasanya dilapisi dengan bahan vinyl yang dapat rusak karena penggunaan yang kasar. Rak pencuci piring biasanya sangat mahal dan sering sama harganya dengan membeli baru, sehingga menjaga mereka dalam kondisi yang baik dapat mencegah tagihan yang tidak diinginkan menguras rekening anda.

Mesin Cuci

mesin cuci
Mesin Cuci

Tips yang paling penting untuk mesin cuci anda adalah jangan mengisi sepenuh-penuhnya!. Ya, itu benar-benar saran yang sangat sederhana. Pakaian harus mampu bergerak bebas selama siklus mencuci. Jika mesin macet karena penuh dengan pakaian, itu akan membutuhkan lebih banyak energi untuk memutar mereka didalamnya. Ini berarti ketegangan tambahan pada motor mesin cuci, transmisi dan komponen-komponen lainnya.

Sebaliknya pun jangan mengisi mesin cuci dibawah kapasitas minimumnya!. Beban kecil dapat mengganggu keseimbangan putaran mesin yang membebani motor penggerak. Beban kecil juga berarti membuang-buang air dan energi. Bacalah dengan cermat dan seksama buku petunjuk pemakaian mesin cuci anda.

Mesin Pengering Pakaian.

mesin pengering pakaian
Mesin Pengering Pakaian

Seperti mesin cuci, penting untuk tidak membebani kerja pengering pakaian dengan isi yang berlebihan. Sebuah pengering pakaian yang mendapat beban besar akan mengalami peningkatan ketegangan karena usahanya untuk secara efektif mengeringkan pakaian.

Juga perhatikan waktu pngeringan. Tiga puluh lima menit biasanya cukup untuk mengeringkan pakaian anda, dibandingkan dengan 60 menit waktu pengeringan yang kebanyakan disetting . Mengurangi waktu pengeringan dapat menghemat energi dan mengurangi beban. Jika mesin pengering anda memiliki pengaturan auto-dry, gunakanlah. Auto-dry memanaskan udara hanya sebanyak yang diperlukan dan akan menghemat penggunaan energi.

Penting juga untuk secara teratur memonitor tutup lubang eksternal mesin pengering yang terletak diluar rumah dari penumpukan serat dan debu. Tumpukan kotoran mencegah tutup eksternal beroperasi secara normal dan mengurangi aliran udara, berpotensi menyebabkan kegagalan prematur dari motor dan termostat serta berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran.

Pada akhirnya, untuk semua peralatan rumah tangga utama yang anda miliki, disarankan untuk memperbaiki masalah kecil yang timbul sebelum menjadi persoalan yang lebih besar dan mempengaruhi komponen lainnya. Kebocoran yang tidak biasa dan suara yang tidak semestinya harus diselidiki dan diperbaiki untuk membantu meminimalkan biaya pemeliharaan peralatan dan memperpanjang umur mereka. (huffingtonpost/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar