Misteri Segitiga Bermuda, Fakta Atau Mitos ?

peta segitiga bermuda
Ada apa dibalik fakta misteri Segitiga Bermuda?. Selama lima abad terakhir, lebih dari 1000 kapal dan pesawat telah hilang di area tersebut. Dan semua itu terjadi ketika tidak adanya bukti kesalahan manusia, kegagalan peralatan atau bahkan bencana alam.

Kapal-kapal dan pesawat-pesawat tersebut seperti hilang begitu saja. Banyak yang percaya bahwa ini adalah ulah Iblis dan karenanya daerah Segitiga Bermuda juga sering disebut sebagai Segitiga Setan.

Meskipun misteri Segitiga Bermuda banyak didukung oleh fakta-fakta yang terdokumentasi dengan baik, namun banyak pula cerita dan mitos yang sengaja diciptakan oleh para penulis tentang Segitiga Bermuda demi menarik publisitas untuk buku-buku karangan mereka. Akibatnya dalam banyak kasus, fakta-fakta tersebut menjadi kabur. Tapi satu hal yang tidak diragukan lagi adalah, terlalu banyak insiden telah terjadi di daerah ini. Karena banyaknya insiden-insiden yang telah terjadi tersebut membuat kawasan ini tidak bisa dianggap sebagai wilayah laut biasa.

Dimana Segitiga Bermuda berada dan seberapa luas wilayah tersebut?. Apakah ada petunjuk-petunjuk yang bisa membuat kita tahu kapan tepatnya kita telah melewati batas-batasnya dan memasuki daerah tersebut?.

Secara sederhana, Segitiga Bermuda terletak di lepas pantai Selatan-Timur dari Amerika Serikat dan di Samudera Atlantik. Tiga titik sudut segitiganya adalah: Miami - di Florida, San Juan - di Puerto Rico, dan Bermuda -pulau utara-Atlantik. (lihat peta diatas)

Sebagian besar kasus hilangnya kapal dan pesawat terjadi di dekat batas selatan segitiga antara Florida dan Puerto Rico. Banyak yang memperdebatkan bahwa itu terjadi karena di situlah wilayah segitiga terluas dan karena itu memiliki kemungkinan terbesar. Tetapi daerah ini tidak sesederhana seperti yang terdapat pada peta di atas.

Pertanyaan berikutnya adalah mengapa namanya "Segitiga Bermuda"?.

Pada awalnya, nama pertama yang dipakai orang adalah "Segitiga Miami". Tapi Pemerintah Negara Bagian Florida keberatan dengan alasan bahwa mereka khawatir akan dampak buruk berkurangnya wisatawan yang berkunjung ke Miami karena ketakutan mendengar nama "Segitiga Miami" . Nama berikutnya yang dipakai orang adalah "Segitiga Puerto Rico. Tetapi sama dengan Florida, Pemerintah negara Puerto Rico juga menyatakan keberatan dengan alasan yang sama.

Pada akhirnya karena wilayah segitiga itu harus memiliki nama maka kini giliran untuk 21 mil persegi pulau kecil bernama pulau Bermuda yang membentuk sudut ketiga dari segitiga. Dan tampaknya tak seorang penduduk pulau tersebut yang keberatan. Maka kemudian wilayah tersebut akhirnya terkenal dengan sebutan "Segitiga Bermuda".

segitiga bermuda, Image Avenger Flight-19 Crashed
Image Avenger Flight-19 Crashed

Berikut daftar kapal dan pesawat yang hilang serta beberapa cerita paling menakjubkan yang mengiringi hilangnya mereka saat melintasi kawasan Segitiga Bermuda.

  1. Penerbangan 19: Pesawat The Avenger Flight-19 lepas landas dari US Naval Base Floridauntuk sesi pelatihan rutin pada sore Desember 1945. Mereka tidak pernah kembali.
  2. PBM Martin Mariner: Untuk melakukan pencarian atas hilangnya pesawat The Avenger Flight-19, dua pesawat Martin Mariner dikirim oleh US Navy. Satu kembali ke pangkalan, tetapi yang lain justru ikut menghilang!.
  3. Penerbangan Tudor Star Tiger: Pesawat Tudor Mark-IV, Star Tiger, menghilang di Segitiga Bermuda saat berputar di atas Segitiga untuk bersiap melakukan pendaratan di bandara Bermuda.
  4. Penerbangan DC-3: Pesawat DC-3 NC16002 menghilang 50 km sebelah selatan Florida saat berputar diatas segitiga untuk bersiap mendarat di bandara Miami.
  5. Penerbangan 441: Pesawat A Super Constellation Naval Airliner menghilang pada Oktober 1954.
  6. Penerbangan C-54 Skymaster: Pesawat C-54 Skymaster diberitakan jatuh karena diterjang oleh sebuah badai yang tiba-tiba muncul. Tapi banyak keanehan pada penjelasan resmi kasus ini. Karena secara ilmiah, badai tidak pernah muncul secara tiba-tiba.

http://tvsoax.blogspot.com/2014/10/misteri-segitiga-bermuda-fakta-atau-mitos.html
Bermuda Triangle Mistery

  1. HMS. Mary Celeste - The Ghost Ship : Dikenal sebagai salah satu kapal hantu Segitiga Bermuda, Mary Celeste memiliki banyak kesialan bahkan sebelum perjalanan penuh misterinya pada tahun 1872. Meskipun seluruh awak dan penumpang kapal dapat diselamatkan, tetapi kapal Mary Celeste itu sendiri tidak pernah ditemukan alias menghilang tanpa jejak. Ada banyak cerita dari berbagai versi tentang apa yang sebenarnya terjadi dan dialami oleh para penumpang kapal, namun tidak ada yang bisa di percaya karena seluruh awak dan penumpang kapal yang berhasil diselamatkan memilih untuk bungkam. Begitupun dengan banyak kesaksian dari para pelaut yang melintasi Segitiga Bermuda yang bersumpah telah melihat kapal Mary Celeste berlayar tanpa seorangpun awak kapal dan penumpang diatasnya!.
  2. USS Sulphur Queen: Kapal ini membawa 524 kaki kubik sulfur cair. Mulai berlayar pada tanggal 2 Februari 1963 dari Beaumont, Texas dengan 39 awak. Dilaporkan hilang di tanjung Florida pada tanggal 4 Februari dan tidak pernah ditemukan kembali.
  3. The Ellen Austin: Sebuah kapal pesiar Amerika, The Ellen Austin, melaporkan bertemu dengan kapal lain di Segitiga Bermuda. Kapal itu bergerak dengan kecepatan penuh tapi anehnya tidak ada seorangpun yang yang tampak berada diatas kapal. Mungkinkah The Ellen Austin telah melihat The Ghost Ship - Mary Celeste?.
  4. USS Cyclops: Hilangnya kapal induk Amerika Serikat, USS Cyclops di Segitiga Bermuda telah menjadi salah satu misteri terbesar di samudera.
  5. USS Scorpion: USS Scorpion (SSN-589) adalah kapal selam bertenaga nuklir dari Angkatan Laut Amerika Serikat yang menghilang di Segitiga Bermuda, Mei 1968.

Data diatas hanyalah sedikit kasus yang resmi tercatat dan dilaporkan. Masih banyak lagi kasus-kasus kehilangan yang tidak tercatat dan dilaporkan atau hanya berupa rumor.

Jadi apa yang menyebabkan semua kapal dan pesawat itu menghilang secara misterius?. Ada banyak penelitian dan eksplorasi yang dilakukan untuk mengungkap misteri Segitiga Bermuda. Tetapi tidak ada teori tunggal yang dapat menjelaskan semua insiden tersebut. Kapal-kapal dan pesawat telah menghilang dalam keadaan dan situasi yang berbeda. Hal itu terjadi dengan cepat dan tak terduga.

teori segitiga bermuda
Bermuda Triangle Theory

Sementara banyak teori telah mengemuka, ada beberapa yang layak dipercaya bisa menjelaskan misteri Segitiga Bermuda. Berikut tiga diantaranya:

  1. Teori Gas Methane: Gas Methane yang terperangkap di dasar laut dapat meletus, dan mengakibatkan menurunnya kepadatan air dan menyebabkan kapal tenggelam seperti batu. Bahkan pesawat yang terbang di atas ledakan gas methane di dasar laut itu, bisa terkena sambaran gas yang terbakar dan hancur berkeping-keping.
  2. Teori Laut Sargasso: Laut Sargasso adalah daerah yang aneh karena tidak memiliki pantai dan hanya dibatasi oleh arus air di semua sisi. Banyak kapal yang melewati kawasan itu telah terdampar karena tidak dapat bergerak akibat terjebak oleh arus laut yang berputar-putar.
  3. Teori Elektronik Fog: Awan tebal aneh yang muncul entah dari mana dan menelan kapal laut atau pesawat. Instrumen mulai mengalami kerusakan, dan akhirnya kapal atau pesawat tenggelam atau jatuh dan menghilang tanpa jejak.

Ada banyak teori lain yang mencoba untuk memecahkan atau menjelaskan misteri Segitiga Bermuda. Sebagian ilmiah serta masuk akal, namun banyak yang absurd dan nyeleneh sepeti teori UFO atau teori markas Dajjal.

UFO Catch The Plane Theory for Bermuda Triangle
UFO Catch The Plane Theory

Pada akhirnya, sampai detik ini misteri Segitiga Bermuda belum memiliki penjelasan yang memuaskan. Semua teori masih bergulat di tataran teori. Fakta-fakta yang ada belum mampu menjelaskan mitos-mitos yang menjadi legenda di kawasan segitiga tersebut.

Jika kita menyimak kisah-kisah aneh, menakjubkan sekaligus mengerikan yang banyak dituliskan orang tentang Segitiga Bermuda, maka keadaan damai, tentram dan indah seperti yang terlihat seperti gambar di bawah mungkin cuma khayalan. Tetapi faktanya sudah hampir setengah abad lamanya di kawasan Segitiga Bermuda tidak pernah lagi terjadi peristiwa hilangnya kapal laut atau pesawat terbang secara misterius. Apakah kedamaian itu akan berlangsung selamanya atau seperti gunung berapi yang tengah tertidur, Segitiga Bermuda hanya berdiam diri sejenak sebelum meledakkan diri dengan rentetan misteri baru?. {int/wiki/tvsx)

bermuda beach
Bermuda Beach

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

1Komentar