Mini Monster Dalam Segelas Air

segelas air
Peringatan!

Daftar ini bukan untuk menjadi menakut-nakuti Anda. Ada monster-monster tak terlihat yang hidup di dalam air minum Anda.

Makhluk-makhluk menyeramkan yang berenang dalam jumlah miliaran dalam setiap tetes yang Anda minum setiap hari.

Setan-setan kecil yang ... well, untungnya, tidak semuanya benar-benar berbahaya.

Semua air memiliki bakteri dan protozoa sampai batas tertentu, kebanyakan dari mereka benar-benar tidak berbahaya. Tapi begitu Anda melihat seperti apa rupa dan penampilan mereka di bawah Miskroskop, mungkin itu cukup untuk menghantui malam-malam tidur Anda.

Berikut adalah 10 mikroorganisme menyeramkan yang hidup di air minum Anda:

10. Cryptosporidium

cryptosporidium
Cryptosporidium

Ketika sistem penyediaan air minum kota mengalirkan air ke warga mereka, mereka menempatkan air melalui serangkaian filtrasi dan desinfeksi sebagai langkah pertama. Ini jelas menguntungkan karena ketika Anda menarik air dari danau dan sungai, itu kemungkinan besar akan dipenuhi oleh dengan bakteri.

Dengan filter itu Anda bisa menyaring sebagian besar dari bakteri berbahaya. Kata penting disini adalah "sebagian besar", karena bahkan teknik penyaringan yang paling canggih sekalipun mustahil menyaring hingga 100%. Dan bagi banyak orang, itu berarti mengkonsumsi dosis kecil cryptosporidium setiap hari.

Cryptosporidium adalah apa yang dikenal sebagai organisme protozoa bersel tunggal yang paling terkenal karena menyebabkan penyakit diare parah, yang disebut sebagai Cryptosporidiosis. Protozoa ini bekerja seperti parasit, menempel ke usus dan bertelur disana. Ketika air minum terkontaminasi dengan kotoran dan tinja yang terinfeksi, Cryptosporidium bergerak ke inang baru.

Umumnya instalasi pemurnian air cukup mampu menghentikan hal itu terjadi, tetapi sistem filtering yang paling canggih sekalipun hanya mampu membersihkan 99 persen dari Cryptosporidium tersebut.

Pada tahun 1998 sebuah kasus Cryptosporidiosis pecah di Sydney, Australia . Pejabat melihat kenaikan, tapi tidak bertindak selama beberapa hari karena menganggap masih dalam tingkat "batas kesehatan yang dapat diterima".

Itu berarti ada tingkat yang dapat diterima untuk parasit yang memicu diare yang berasal dari kotoran di air minum Anda.

9. Anabaena Sp

anabaena sp
Anabaena sp

Untaian berkilau yang terlihat menyenangkan ini adalah Anabaena circinalis, Cyanobacteria yang hidup di reservoir air tawar di seluruh dunia, terutama di Australia, Eropa, Asia, Selandia Baru, dan Amerika Utara. Cyanobacteria seperti ini diyakini sebagai beberapa organisme multiseluler pertama di dunia, dan dengan demikian telah berevolusi untuk melakukan beberapa hal yang sangat aneh.

Dalam kasus Anabaena sp. Hal-hal itu adalah produksi neurotoksin. Penemuan Anatoxin adalah salah satu kasus pertama dari neurotoxin yang diproduksi oleh cyanobacteria, dan menyebabkan wabah pada 1950-an yang masuk ke pasokan air minum dan bertanggung jawab atas serangkaian kematian massal di peternakan sapi di seluruh AS.

Di Australia, bakteri Anabaena air tawar ditemukan memproduksi saxitoxins, sejenis neurotoxin yang menyebabkan kesulitan bernafas yang diikuti oleh kematian. Militer bahkan telah melangkah jauh untuk mengklasifikasikan saxitoxins sebagai zat kelas 1 (tidak berguna namun sangat bebahaya) dengan term "tidak ada penggunaan praktis di luar pembuatan senjata".

Untungnya, saat ini Cyanobacteria adalah salah satu mikroorganisme yang cukup mudah disaring dari air minum.

8. Rotifera Sp

rotifera sp
Rotifera Sp

Rotifera adalah mikroorganisme yang relatif umum yang dapat ditemukan hampir di mana-mana di dunia. Dan mereka juga salah satu kontaminan yang paling umum yang mengkontaminasi air minum, meskipun kadangkala mampu tumbuh besar hingga 1mm (yang membuat mereka nyaris dapat dilihat dengan mata telanjang).

Beberapa dari mereka berenang, yang lain merangkak dengan gerakan beringsut seperti cacing, tetapi tidak satupun dari mereka diketahui berbahaya bagi manusia. Dan itu bagus, karena mereka adalah mikroorganisme yang paling banyak ditemukan di air minum.

Sayangnya, kehadiran rotifera dalam pasokan air kota biasanya menandakan bahwa ada masalah dengan sistem filtrasi organisme.

Rotifera juga dikenal untuk bertindak sebagai tuan rumah untuk protozoa lain seperti Cryptosporidium dan bakteri. Yang mengarah ke manfaat: Rotifera dapat digunakan sebagai sistem peringatan untuk membiarkan pejabat air minum tahu bahwa ada sesuatu yang salah dengan sistem mereka. Pada saat mereka melihat Rotifera, berarti yang lain berhasil melewatinya juga.

7. Copepoda

copepoda
Copepoda

Dari dua jenis invertebrata mikroskopis yang biasa ditemukan di air minum, yaitu Copepoda dan Rotifera. Copepoda adalah yang lebih besar, dan mungkin bahkan lebih umum. Mereka dapat tumbuh hingga 2mm (dua kali lipat ukuran rotifera), dan mereka benar-benar jenis Crustacea, semacam seperti miniatur udang. Dan mereka ada di mana-mana.

Dalam insiden Connecticut, yang terjadi pada tahun 2009, warga mulai menemukan ribuan Copepoda dalam sampel kecil air. Salah satu warga membandingkan mereka dengan "anjing kecil" dan menyatakan, "Itu benar-benar menjijikkan. Kami meminumnya, mencuci pakaian di dalamnya, dan itu benar-benar buruk".

Tetapi jikapun ada manfaat, copepod bermanfaat karena mereka sering memakan racun. Lagi-lagi, fakta bahwa jika mereka dapat melalui sistem filtrasi berarti banyak bakteri kecil lainnya juga bisa.

6. E. Coli

E. Coli

Kita semua tahu tentang E. coli, atau Escherichia coli, bakteri yang hidup di dalam dan di sekitar kotoran. Sudah dipublikasikan lebih banyak daripada yang bisa Anda bayangkan, dan hingga kini sudah menjadi legenda dunia bakteri. Dari makanan hingga air, bahkan lebih banyak makanan, sulit untuk menghindarinya. Itulah sebabnya agak membingungkan untuk mengetahui bahwa semua air minum memiliki E. coli di dalamnya. Hanya terus turun ke level yang dianggap "aman".

Ini lembar data tentang kontaminan air minum dari Environmental Protection Agency, atau EPA, Amerika Serikat. Menurut lembar itu, E. coli dapat diterima selama itu tidak muncul di lebih dari 5 persen dari sampel air yang dikumpulkan pada bulan tertentu.

Jadi jika pemerintah kota menguji air mereka 100 kali dalam sebulan, 5 dari sampel tersebut dapat terinfeksi E. coli, maka air masih akan diizinkan untuk dialirkan ke penduduk kota. Dan jika Anda menurunkan standar ke seperseratus seratus atau seperseribu persen, Anda hampir selalu dijamin akan menemukan E.coli berenang dan bermain di air Anda.

5. Rhizopus stolonifer

rhizopus stolonifer
Rhizopus stolonifer

Di dunia pada umumnya, sesuatu yang lebih berwarna adalah semakin menyenangkan. Dan berdasarkan logika itu, spora jamur mikotoksik ini hanya sebatas lelucon. Sampai mereka mulai muncul di air minum, maka Anda memiliki masalah. Rhizopus stolonifer lebih dikenal sebagai jamur roti. Tinggalkan sepotong roti di tempat terbuka dan ini hanya akan menjadi salah satu rumah bagi Rhizopus stolonifer.

Secara luas dianggap sebagai jamur paling umum di dunia, tidak mengherankan bahwa jamur ini juga muncul di air keran. Jamur bereproduksi dengan spora yang, seperti serbuk sari bunga, melayang di udara sampai mereka menemukan tempat yang cocok untuk mendarat dan tumbuh.

Pada tahun 2006, sebuah penelitian mengamati konsentrasi spora kapang dalam air keran, dan menemukan bahwa Rhizopus stolonifer muncul 2,9 persen, yang, bisa dibilang, cukup rendah di bidang kontaminan (ingat, E. coli secara hukum dapat muncul secara legal hampir dua kali lebih sering).

Rhizopus stolonifer diyakini mampu melepaskan racun yang berbahaya bagi manusia, meskipun mereka hanya berbahaya dalam konsentrasi yang lebih tinggi.

4. Naegleria Fowleri

Naegleria Fowleri
Naegleria Fowleri

Mikro organisme ini tidak terlihat begitu menakutkan dibanding beberapa lainnya dalam daftar ini. Sungguh mereka terlihat seperti hanya beberapa bercak jamur. Ini sebenarnya amuba, dan itu menyerang otak. Amuba ini menyerang sistem saraf seseorang dengan masuk melalui rongga hidung mereka dan menewaskan 98 persen korbannya.

Infeksi Naegleria fowleri jarang terjadi, sebagian besar karena itu tidak efektif jika dikonsumsi secara oral. Tetapi pada tahun 2011, dua warga Louisiana meninggal karena meningoensefalitis (radang selaput otak, penyakit yang disebabkan oleh Naegleria).

Ketika kematian diselidiki, amuba pemakan otak ditemukan di bak mandi, kepala pancuran, dan keran wastafel — rumah itu benar-benar tertutup di dalamnya. Meskipun demikian, sebagian besar infeksi tidak disebabkan oleh air ledeng yang terinfeksi Naegleria fowleri.

Tidak, biasanya orang mendapatkannya dengan berenang di danau dan sungai. Pernahkah Anda secara tidak sengaja menyedot air ke hidung saat berenang?.

3. Legionella Pneumophila

Legionella pneumophila
Legionella Pneumophila

Dengan nama seperti Legionella, bakteri ini sudah terdengar berbahaya. Dan karena itu dinamai konvensi American Legion pada tahun 1976 di mana ia bertanggung jawab atas 34 kematian dan total 221 infeksi, itu mungkin asumsi yang adil. Kondisi yang disebabkan oleh L. pneumophila sekarang disebut penyakit Legionnaires, dan mengirimkan 18.000 orang ke rumah sakit setiap tahun. Dan itu berasal dari, Anda dapat menebaknya, air yang terkontaminasi.

Gejala penyakit Legionnaires termasuk kekalutan, demam hingga 107 F (41,5 C), kehilangan koordinasi, muntah, diare, dan nyeri otot. Itu muncul secara sporadis. Pada tahun 2001, lebih dari 700 orang di Spanyol terinfeksi di satu daerah terpusat.

Seolah L. pneumophila belum cukup berbahaya, militer AS menyatakan L.pneumophila termasuk unsur pembuat sejata kimia, yang mengarah ke versi yang dimodifikasi secara genetika dengan tingkat pembunuhan 100 persen.

2. Chaetomium Sp

chaetomium sp
Chaetomium sp

Ini jenis jamur lain, dan jamur yang terlihat sedikit lebih menakutkan daripada rekannya di nomor lima di atas. Seperti jamur roti, spesies Chaetomium cukup umum dalam kehidupan sehari-hari, biasanya mengambang di udara di lokasi yang lembab, yang dapat mencakup segala sesuatu dari rawa hingga langit-langit kamar mandi Anda. Ini cukup jarang muncul dalam air minum, tetapi ketika itu ada di sana biasanya membuat air terasa dan sedikit "berbau" - tanda-tanda normal untuk berhenti minum segelas air dalam hal apapun.

Chaetomium sp. adalah spora yang tidak terlalu berbahaya, meskipun dalam beberapa kasus mereka dapat menyebabkan infeksi yang dikenal sebagai phaeohyphomycosis (infeksi mikotik yang disebabkan oleh jamur). Mereka juga dapat menimbulkan bahaya bagi orang-orang yang alergi terhadap spora, dan bahkan itu biasanya hanya terjadi dengan paparan kronis.

1. Salmonella Enterica

salmonella enterica
Salmonella Enterica

Salah satu hal pertama yang kita pelajari saat anak-anak adalah bahwa ketika Anda memasak ayam, dan menanganinya saat kondisi mentah, Anda lebih baik membersihkannya dengan seksama. Alasannya, tentu saja, adalah salmonella, yang memiliki riwayat infeksi yang begitu panjang sehingga bahkan tidak mungkin untuk terhubung dengan semuanya di sini.

Biasanya salmonella muncul pada makanan seperti daging sapi, telur, dan tentu saja, ayam (landak juga, secara mengejutkan). Lebih jarang, namun bukannya tidak mungkin, salmonella menyebabkan wabah melalui air minum.

Pada tahun 2008, PAM Colorado bertanggung jawab atas 79 kasus keracunan salmonella, yang menyebabkan demam dan muntah. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti orang tua, sangat rentan terhadap salmonella. Studi lain mengamati pasokan air Togo, Afrika, dan menemukan 26 kasus kontaminasi salmonella, menunjukkan bahwa negara-negara berkembang memiliki risiko lebih besar untuk infeksi bakteri dari air minum. Agak masuk akal, tetapi bermanfaat untuk memiliki angka untuk melihat apa sebenarnya yang menyebabkan penyakit di daerah ini.

Seperti yang dikatakan Benjamin Franklin, "Dalam anggur ada kebijaksanaan, dalam bir ada kebebasan, dalam air ada bakteri". (listverse.com/int/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar