7 Rumah Mungil Spektakuler

tiny house
Trend rumah mungil tumbuh di seluruh dunia, terutama di kota-kota yang sangat urban dimana ketersediaan lahan yang luas untuk mendirikan sebuah rumah besar nyaris merupakan sebuah kemewahan.

Namun rumah mungil juga dapat ditemui pada beberapa daerah luar kota dimana sesungguhnya lahan yang tersedia amatlah memadai.

Bagi orang-orang yang sedikit bermasalah dalam segi keuangan, memiliki rumah mungil hari ini mulai menjadi keniscayaan, dimana tidak hanya harganya yang murah, tapi juga menghabiskan biaya jauh lebih sedikit untuk ongkos pemeliharaannya.

Terlepas dari itu, bagi beberapa orang, mendirikan rumah mungil memiliki manfaat tidak terbatas: ramah lingkungan, hemat biaya, dan cocok untuk mereka yang suka berpindah-pindah tempat karena beberapa rumah mungil ada yang bersifat portabel alias bisa dibongkar-pasang.

Bagi kebanyakan kita semua, kehidupan di rumah mungil terdengar seperti petualangan besar, jika tidak dapat dikatakan mustahil. Butuh kemampuan adaptasi yang mumpuni dimana banyak aktifitas dalam rumah terkendala oleh sempitnya ruang.

Berikut beberapa contoh rumah mungil yang mungkin dapat Anda pertimbangkan untuk dibangun atau dibeli ketika rekening Bank Anda menolak untuk memiliki sebuah rumah besar.


Admin Note: Pada artikel ini kami memasang satu fitur lanjutan yaitu fitur Slideshow Images. Sayangnya, kemungkinan besar fitur lanjutan ini tidak berfungsi dengan baik jika artikel ini diakses dengan memakai hape/smartphone tipe jadul atau browser versi lawas atau koneksi internet ditempat Anda tergolong menyedihkan. Untuk itu kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang Anda alami. Happy Blogging!.


1. Marfa weeHouse

Marfa weeHouse
Marfa weeHouse

Dari kejauhan, sulit dipercaya bahwa Marfa weeHouse hanya seluas 135 meter persegi. Bagian depan yang ramping dan jendela-jendela besarnya menawarkan pemandangan luar sebebas-bebasnya. Dan dengan dapur, kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dan teras yang relatif besar, rumah mungil ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk tinggal.

Setiap weeHouse dibangun khusus untuk tujuan spesifiknya. Konsep itu sendiri dirancang oleh arsitek Geoffrey Warner dari Alchemy Architects sebagai kabin prefabrikasi (alias prefab) yang murah dan mudah diakses.

Sejak peluncuran rumah mungil weeHome di tahun 2003, perusahaan telah berkembang untuk menawarkan sejumlah rumah mungil yang dibuat khusus seperti rumah mewah Marfa weeHouse ini.

  • Marfa weeHouse_01
    Marfa weeHouse
  • Marfa weeHouse_02
    Marfa weeHouse
  • Marfa weeHouse_03
    Marfa weeHouse
  • Marfa weeHouse_04
    Marfa weeHouse
  • Marfa weeHouse_05
    Marfa weeHouse

2. The River Side House

The River Side House
The River Side House

Terletak di sisi sebuah sungai di Jepang, River Side House adalah rumah bagi keluarga dengan tiga orang anggota. Dengan luas keseluruhan hanya 29 meter persegi, River Side House menggunakan bentuk segitiga yang aneh untuk memanfaatkan ruang sekecil itu.

Dirancang oleh perusahaan arsitektur Atelier Mizuishi, River Side House yang berupa bangunan tempat tinggal bertingkat dua ini berhasil memanfaatkan setiap sudut yang ada yang mencakup area makan dan dapur, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur, loteng dan bahkan masih menyisakan beberapa ruang kosong!.

  • The River Side House_01
    The River Side House
  • The River Side House_02
    The River Side House
  • The River Side House_03
    The River Side House
  • The River Side House_04
    The River Side House
  • The River Side House_05
    The River Side House

3. ÁPH80

ÁPH80
ÁPH80

ÁPH80 layak disebut sebagai cara baru dalam memandang rumah mobil. Dirancang oleh ÁBATON, rumah mungil ini dapat dirakit dalam satu hari, dan sangat cocok untuk penghuni yang memiliki mobilitas tinggi, karena seluruh rumah dapat dengan mudah diangkut dengan truk.

Layout terbuka ÁPH80 memaksimalkan ruang dengan membagi tiga area yang berbeda: kamar mandi, kamar tidur, dan area lounge/dapur. Sementara interior dalamnya sederhana, sejumlah jendela besar memungkinkan penghuninya mengamati lingkungan sekitar dengan mudah.

  • ÁPH80_01
    ÁPH80
  • ÁPH80_02
    ÁPH80
  • ÁPH80_03
    ÁPH80
  • ÁPH80_04
    ÁPH80
  • ÁPH80_05
    ÁPH80

4. Hut On Sleds (Pondok Kereta Luncur)

 Hut On Sleds
Hut On Sleds

Meskipun hanya berukuran lebih kurang 130 meter persegi, Hut on Sleds dirancang dengan pengaturan fungsi, keamanan, kenyamanan maksimal. Rumah bertingkat dua berbingkai baja dan bisa ditutup saat kondisi cuaca memburuk ini dapat dipindahkan dengan menggunakan dua "rel kereta" dari kayu, jika penghuninya merasa keramaian lingkungan sekitar mulai mengurangi kenyamannya.

Tangga baja yang terletak disisi luar membawa penghuni ke tempat tidur atau ke atap, dengan setiap tingkat menawarkan pemandangan hingga jauh. Hut on Sleds dirancang oleh Crosson Clarke Carnachan Architects dan telah ditampilkan di majalah terkemuka,Vogue.

  • Hut On Sleds_01
    Hut On Sleds
  • Hut On Sleds_02
    Hut On Sleds
  • Hut On Sleds_03
    Hut On Sleds
  • Hut On Sleds_04
    Hut On Sleds
  • Hut On Sleds_05
    Hut On Sleds

5. Tiny Heirloom

Tiny Heirloom
Tiny Heirloom

Pikirkan berapa biaya dan luas lahan yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah rumah mewah bergaya peternakan?. Kini tidak lagi. Berbasis pada gaya Portland, Tiny Heirloom merancang rumah mewah bergaya, lengkap dengan roda dan sebagainya. Meski berukuran sangat kecil, rumah mungil ini sudah termasuk dapur, teras, area duduk, tempat tidur bergaya loteng, dan pintu masuk yang menggemaskan. Ongkos pemeliharaan yang murah serta mudah dibawa kemana-mana membuat Tiny Heirloom akan mampu mewujudkan petualangan terliar Anda.

  • Tiny Heirloom_01
    Tiny Heirloom
  • Tiny Heirloom_02
    Tiny Heirloom
  • Tiny Heirloom_03
    Tiny Heirloom
  • Tiny Heirloom_04
    Tiny Heirloom
  • Tiny Heirloom_05
    Tiny Heirloom

6. Egg House (Blob vB3)

Egg House
Egg House


Dikenal dengan kode produksi Blob vB3 kreasi perusahaan arsitektur DmvA, aman untuk mengatakan bahwa harapan kita untuk rumah mungil ini tidak terlalu muluk. Namun setelah diobservasi, rumah yang terinspirasi oleh kompartemen astronot di satelit luar angkasa ini sebenarnya cukup mengagumkan.

Pertama-tama, ia memiliki semua yang Anda butuhkan: kamar mandi, area dapur, penerangan, tempat tidur (disamarkan sebagai kompartemen putih di dinding), dan banyak ruang penyimpanan.

Hidung Egg House bahkan dapat dibuka yang berfungsi semacam teras. DmvA sebenarnya mendesain Blob vB3 untuk menjadi bagian tambahan rumah, artinya sangat cocok sebagai guest house, office atau garden house.

  • Egg House_01
    Egg House
  • Egg House_02
    Egg House
  • Egg House_03
    Egg House
  • Egg House_04
    Egg House
  • Egg House_05
    Egg House

7. Keret House

keret house
Keret House


Mungkin inilah model rumah mungil yang paling ekstrim. Sejauh ini rumah-rumah mungil yang sudah dibahas diatas meskipun cukup revolusioner, namun bukan apa-apa bila dibandingkan dengan Keret House.

Arsitek Polandia, Jakub Szczęsny, adalah otak di balik Keret House, yang diciptakan untuk penulis Israel Etgar Keret dan dianggap sebagai rumah tersempit di dunia. Paling luas, Rumah Keret hanya berukuran 1,2 meter persegi, dan lebarnya dibagian terkecil bahkan kurang dari satu meter!.

Yang mengejutkan, rumah mungil ekstrim ini masih mampu menampung area ruang tamu (dapat diakses melalui tangga yang mengarah ke tingkap di lantai), dapur kecil, ruang makan untuk dua orang dan kompartemen tidur kecil dan meja kerja yang dapat diakses melalui tangga.

Karena sulit untuk menempatkan ukuran kecil Keret House dalam perspektif maupun gambar dua dimensi, video tur singkat rumah ini mungkin bisa membantu.


(all-that-is-interesting.com/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar