From Bruce to Caitlyn : Akhir Kisah Pahlawan Amerika

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika, bruce jenner
Hari-hari ini trending topic terpanas dunia selebriti Amerika adalah transisi mantan peraih medali emas olimpiade 1977, Montreal, Kanada, Bruce Jenner dari seorang pria menjadi wanita dengan nama baru Caitlyn Jenner.

Apa, bagaimana dan alasan dari keputusan kontroversial Bruce Jenner mungkin sudah banyak diberitakan, namun menarik untuk melihat kembali kilas balik dari seorang Bruce Jenner yang tidak banyak diketahui oleh umum. Mungkin saja dengan begitu kita dapat memahami keputusannya.

Berikut, inilah cerita tentang Bruce Jenner yang jarang dipublikasikan.

Suatu hari pada tahun 1977, sekitar satu tahun setelah Bruce Jenner memecahkan rekor dunia dasalomba dan meraih medali emas pada Olimpiade Montreal, ia bertemu dengan temannya, penulis olahraga Barry McDermott dan mengajaknya bermain tenis di New York City.

McDermott menyarankan untuk melakukannya di klub pribadinya, tapi itu bukan gaya Jenner. Privasi tidak pernah menjadi prioritasnya.

Pasangan ini pergi ke Central Park, dimana berita kemudian menyebar dengan cepat: "Bruce Jenner sedang bermain tenis di lapangan umum !." McDermott saat itu mengingat tentang orang-orang yang berkerumun, wajah-wajah yang ternganga menempel di pagar kawat, menonton setiap gerakan sang bintang atlet tampan pahlawan Amerika.

Itu bukan rekayasa publisitas, McDermott menegaskan: Jenner - sebagaimana yang terjadi juga pada era kejayaan bintang renang, Michael Phelps atau bintang sepeda balap, Lance Armstrong, ia (Jenner) tidak membutuhkan itu . "Itu lebih kepada pernyataan: mari kita bergaul dengan orang-orang bukan elitis," kenang McDermott.

Empat puluh tahun kemudian, Jenner masih bergaul dengan orang-orang biasa: jutaan pemirsa "Keeping Up With Kardashians,", franchise acara reality show paling populer, the E ! show, yang dibintangi keluarga selebriti paling kontroversial di Amerika.

Jenner, salah satu yang paling terkenal dari klan Kardashians, melakoni peran pendukung di sebagian besar acara dan empat acara sempalan lainnya, menampakkan wajah bosan dan menggulirkan mata ketika merapikan bulunya mantan istrinya Kris, yang memproklamirkan dirinya sendiri sebagai "momager" dan anak-anak mereka yang camera-freindly.

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan AmerikaBruce Jenner, Kris, Kim, Khloe, Kourtney and Robert Kardashian
Bruce Jenner, Kris, Kim, Khloe, Kourtney
and Robert Kardashian

Tapi sekarang penggemar musik disko Amerika ini bersiap lagi menjadi pusat perhatian, dengan cara yang mengingatkan para fans pada momen ledakan publisitas tahun 1976.

Kejutan pertama terjadi saat foto-fotonya muncul di tabloid-tabloid musim gugur yang lalu : Jenner mengenakan rambut panjang dengan highlight pirang, menampilkan model kuku yang berwarna-warni, anting-anting di telinga dan kaki yang dicukur. Pada bulan Desember, ia menegaskan kepada TMZ bahwa ia akan menjalani operasi laryngeal untuk menghilangkan jakunnya.

Misteri mulai terkuak ketika anak tirinya, Kim Kardashian West memecah aksi diam keluarga selama wawancara, di mana dia (Kim) secara hati-hati menyiratkan tentang "perjalanan Jenner". Berita segera meledak di seluruh media: "Jenner (65) akan segera berganti identitas sebagai transgender !".

Sementara Jenner belum secara resmi berkomentar, (itulah sebabnya The Washington Post masih mengacu Jenner sebagai "He" dan "Him", bukan "She" atau "Her" dalam laporannya), berita terverifikasi dari rencana Jenner berasal dari tabloid seperti Us Weekly dan TMZ yang memang dikenal memiliki kedekatan dan hubungan simbiosis dengan klan Kardhasian.

Bukti paling jelas datang dalam sebuah wawancara antara Associated Press dengan ibu Jenner, Esther Jenner. Ketika ditanya tentang transisi putranya, Esther (88) mengatakan : "Saya tidak pernah berpikir saya bisa lebih bangga daripada ketika Bruce meraih ambisinya pada tahun 1976, tapi aku lebih bangga padanya sekarang. Dibutuhkan banyak keberanian untuk melakukan apa yang telah dia lakukan."

Dalam sebuah wawancara dengan Diane Sawyer dari ABC, Jenner seakan menciptakan reality show sendiri yang mendokumentasikan proses transisinya.

Transformasinya dari pria menjadi wanita mungkin mengejutkan, tetapi mungkin Jenner tidak seharusnya begitu saja menjadikan keputusannya sebagai konsumsi publik. Jauh sebelum ia tersedot ke dalam pusaran klan Kardashian, Jenner telah menjalani hidup di hadapan sorotan kamera. Dunia pernah menyaksikan dia meraih kemenangan, melakukan Victory Lap, sementara lawan-lawannya terduduk lesu dan kelelahan. Ini adalah bagaimana cara ia melanjutkan hidup setelah itu: iklan, film, sinetron, info komersial, sportscasting dan segala sesuatu di antaranya.

Jadi tentu saja kamera akan terus bersamanya saat ia membuat pilihan yang paling sangat pribadi yang seseorang dapat putuskan.

Untuk memahami Bruce Jenner hari ini, Anda harus memahami Kardashian. Dan kadang-kadang, Bruce Jenner bahkan tidak memahami Kardashian.

Setidaknya, itulah karakter yang dia mainkan di E ! Show. Dia seperti sentuhan kenyataan pada kiasan sitkom, kepala keluarga yang diseret ke pelajaran memasak dan tahu tentang kelakuan putri-putri tirinya dari gossip-gossip lokal. Jenner dan Kris, sosialita LA yang suaminya pertamanya pengacara OJ Simpson, almarhum Robert Kardashian, dan anak-anak mereka telah memikat penonton sejak tahun 2007, ketika favorit tabloid, Kim Kardashian mulai terkenal setelah rekaman seksnya dengan bintang R & B diunggah di Internet.

Reality show mereka yang pertama mereka diluncurkan tahun 2007, menampilkan kejenakaan anak-anak Kris dari Kardashian: Kim, Kourtney, Khloe dan Rob, dan anak-anak Kris dari Bruce : Kendall dan Kylie.

Segera saja klan Kardashian/Jenner menjadi sebuah kerajaan bernilai jutaan dolar dengan spin-offs, perjanjian, kesepakatan-kesepakatan dan buku-buku. Setiap anggota keluarga berbagi beberapa momen dari kehidupan mereka seperti: Pernikahan 72 hari Kim dengan pemain basket New Jersey Nets, Kris Humphries, Pernikahan Khloe dengan bintang Los Angeles Lakers, Lamar Odom dan episode perceraian mereka, Penolakan Kourtney untuk menikah dengan ayah dari tiga anak-anaknya, Kim menunjukkan foto X-ray untuk membuktikan bahwa dia tidak memiliki pantat implan, Kourtney memberikan Khloe bikini wax, Bahkan perceraian Jenner dan Kris tahun 2014 yang lalu!.

Tidak ada yang dibatasi.

Mungkin dominasi budaya pop dalam keluarga tidak bisa diukur hanya dengan peringkat popularitas mereka. Mereka berkencan dengan bintang pop dan atlet pro, mereka mempengaruhi trend fashion, wajah mereka muncul di tabloid setiap minggu. Lima bersaudara ini secara kolektif memiliki 72 juta pengikut di Twitter.

Presiden Obama bahkan pernah mengomentari Kim dalam pidatonya di acara dinner White House Correspondents.

"Mereka terus saja melakukan hal-hal yang menarik. . . Dan tidak lagi hanya terkenal karena mereka terkenal," kata Elizabeth Currid-Halkett, seorang profesor di University of Southern California dan penulis "Starstruck : The Business of Celebrity," yang mencatat pernikahan terbaru Kim, dengan rapper Kanye West serta perkembangan karir Kendall sebagai model. "Sebenarnya, mereka memiliki bakat: Mereka memiliki karir yang nyata, mereka memiliki bisnis. Saya tidak melihat mereka melambat." kata Elizabeth selanjutnya.

.Meskipun Jenner merupakan bagian dari alur cerita ini, ia jarang mengambil peran yang menonjol. Paling-paling, ia hanya melihat pada kelakar keluarga, sambil berharap ia berada di lapangan golf sebagai gantinya.

Untuk orang-orang yang pernah melihat dia menaklukkan dunia olahraga dan dunia hiburan pada era 1970-an dan 80-an, itu peran yang asing baginya.

Bruce Jenner sebagai penonton?. Tidak pernah. Ia adalah pemain. Pemeran utama.

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika, bruce jenner and mohammad ali
Bruce Jenner and Mohammad Ali

Tanyakan teman-teman lama Jenner, dan mereka akan menjelaskan, kepribadian yang ceria dengan kharisma alami dan kehangatan.

"Bruce seperti big kid," kata Vince Stryker, mitra pelatihan dasalomba Jenner dari tahun 1970-an. "Dia hanya ingin bersenang-senang dan menikmati hidup. Dia menyukai persaingan. Tetapi, Anda tahu, dia adalah seorang pria yangbenar-benar menikmati hidup."

Jauh di lubuk hati, Jenner juga terobsesi dengan kemenangan, karena kemudian ia akan menjelaskannya dalam pidato motivasi. Tumbuh di pinggiran kota New York dan Connecticut, ia berjuang di sekolah, ia di diagnosis menderita disleksia. Bakat olahraga mengubah hidupnya. Pada saat ia mendapat beasiswa sepakbola di Graceland College di sebuah kota kecil di Iowa, dia sudah berencana mencari tantangan yang lebih besar. Seorang pelatih menyarankan dia mengambil nomor dasalomba.

Ini adalah olahraga brutal yang menguji setiap otot dalam tubuh atlet. Peserta harus unggul dalam bukan hanya satu tapi sepuluh cabang olahraga, termasuk lompat jauh, lompat tinggi, sprint, halang rintang, lempar cakram dan lempar lembing. Ini sebuah nomor yang begitu melelahkan sehingga pemenang medali emas dasalomba Olimpiade sering dijuluki "atlet terhebat di dunia."

Jenner menerjunkan dirinya ke dalam kompetisi dan pada usia 22 tahun, ia mendapat tempat di tim dasalomba AS untuk Olimpiade di Munich 1972. Tetapi dia hanya mendapat peringkat ke 10. Jenner ingat saat itu menatap pemenang di podium, terbakar oleh perasaan iri. Di pesawat dalam perjalanan pulang ke Iowa, ia bersumpah untuk kembali dan meraih medali emas.


Setelah lulus tahun 1973, Jenner dan istri yang baru di nikahinya, Chrystie Crownover, pindah ke San Jose. Chrystie bekerja sebagai pramugari untuk membayar tagihan, sementara Jenner menjalani pekerjaan setengah hati menjual polis asuransi. Sebagian besar waktunya dihabiskan untuk berlatih enam sampai delapan jam sehari. Jenner juga membangun rintangan di apartemen dua kamar tidur mereka sebagai latihan tambahan.

Jenner tiba di Olimpiade 1976 di Montreal sebagai atlet yang kurang dikenal. Tetapi pada puncak Perang Dingin saat itu, atlet muda Amerika yang mengenakan kostum berwarna merah, putih dan biru itu dengan cepat menarik perhatian karena telah memberikan tantangan yang kuat ke atlet juara bertahan asal Uni Soviet, Nikolai Avilov.

Pada sprint 100 meter, Jenner memecahkan rekor pribadinya. Lalu ia memecahkan rekor dalam empat nomor berikutnya : lompat jauh, tolak peluru, lompat tinggi, lari 400 meter.

Avilov mengalahkannya di tiga nomor. Tapi secara keseluruhan kinerja Jenner sangat baik bahkan hari terakhir kompetisi berubah menjadi putaran kemenangan baginya. Dia tiga kali melemparkan cakram seberat dua kilogram rata-rata lebih dari 50 meter, hampir tiga meter lebih jauh dari atlet lain. Hanya saja ia gagal mencapai jarak 50 meter pada percobaan terakhirnya.

Pada nomor lari 1.500 meter, Jenner hanya membutuhkan waktu normal untuk mengklaim emas. Tapi dengan kerumunan orang yang berteriak baginya, ia meningkatkan kecepatan dan finish hanya satu detik di belakang pemenang. Total skornya memecahkan rekor dunia, dan Jenner melakukan Victory Lap di trek, dengan lengan terangkat tinggi, di tengah sorak-sorai penonton.

Untuk menjaga momen legendanya, Jenner tidak tertarik melanjutkan kiprahnya di dsalomba setelah Olimpiade. Mengapa ia harus melakukannya untuk bersenang-senang ketika sudah menang?. Dia meninggalkan tiang lompatnya di arena. Dia akan menjadi seorang selebriti.

"Setelah semua kerja keras Bruce di lapangan, dia berhak untuk mendapat beberapa dolar," kata Crownover kepada New York Times.

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika, bruce and chrystie
Bruce Jenner and Chrystie Crownover

Jenner tanpa malu-malu menerima setiap tawaran : Komentator olahraga, clothing line, otobiografi, pidato motivasi. Tentu saja fotonya ada di kotak sereal Wheaties. Dan ketika jaksa wilayah San Francisco menggugat perusahaan sereal tersebut untuk iklan palsu, Jenner mengadakan konferensi pers untuk menyatakan bahwa Wheaties benar-benar merupakan bagian penting dari diet pelatihan.

Kenaikan popularitasnuya bertepatan dengan lonjakan pemirsa TV, seperti ESPN dan saluran kabel lainnya yang baru saja diluncurkan dan para penyiar mengambil lebih banyak risiko dengan pemrograman. Itu era ketika banyak atlet menemukan peluang berkarir di media. Dan untungnya, kamera mencintai Jenner.

"Dia adalah versi nyata dari American Dream, penuh dengan vitalitas, kejujuran, kesehatan dan sense of humor yang baik," tulis jurnalis The Washington Post, Kenneth Turan pada tahun 1977. "Apakah salah jika dia apa adanya, percaya diri, tulus?, Tipe orang yang kita semua cita-citakan ketika tumbuh dewasa."

Jennermania mencapai puncaknya ketika produsen memilih dia untuk peran utama film "Superman" tahun 1978. Sayang kemampuan aktingnya mungkin tidak memadai dan peranpun diberikan kepada Christopher Reeve. Selanjutnya Jenner berperan dalam film "Can't Stop the Music", sebuah drama musikal 1980 yang mengalami flop dan ia dinominasikan oleh Razzie sebagai aktor terburuk.

Ubiquity Jenner segera menjadi lelucon, yang bagi Jenner tidak selalu lucu adalah ketika produser "Married... With Children " mendapuk dia sebagai cameo. Jenner mundur ketika ia melihat bahwa script-nya mengolok-olok dia, bahwa ia terkenal untuk segala sesuatu kecuali Olimpiade.

Dia juga menolak beberapa pertunjukan lainnya. Jenner hampir seperti autopilot pada masa-masa itu, terbang dari satu acara TV ke acara TV lainnya dan juga untuk pertunjukan amal. Dia mengumpulkan kunci hotel dari begitu banyak kota-kota yang "bisa mengisi toko tukang kunci," kata McDermott bercanda kepada Sports Illustrated.

McDermott dan Jenner melakukan perjalanan ke sebuah kota kecil, North Webster, Indiana, untuk dilantik sebagai "King of Sport." Dia tidak ingat banyak detail tentang hari itu kecuali bahwa "semua orang berpikir itu adalah kesempatan besar untuk memiliki foto selfie bersama Bruce Jenner."

Ketenaran dapat merusak dengan cepat. Kerusakan Jenner ini datang pada tahun 1981, ketika ia berpisah dengan istrinya, Chrystie Crownover setelah mereka memiliki dua anak, Burt dan Cassandra. Mantan istrinya telah berbicara secara terbuka tentang upaya mereka mencari terapi untuk menangani ketenaran mendadak pasca Olimpiade dan menjelaskan alasan perceraian mereka.

Jenner kemudia jatuh ke pelukan aktris Linda Thompson, yang lebih dikenal sebagai pacar Elvis Presley.

Jenner memiliki dua anak lagi dengan Thompson, Brandon dan Brody. Mereka bercerai pada tahun 1986. Dalam wawancara, Thompson menyalahkan jadwal perjalanan Jenner yang gila-gilaan.

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika, bruce and linda
Bruce Jenner and Linda Thompson

Meskipun bintangnya telah memudar, Jenner tetap terlibat di sirkuit. Dia terus berolahraga, melakukan triathlon dan berkecimpung di balap mobil.

"Bruce selalu membutuhkan aura kompetitif sebagai sumber energi dan dorongan," kata Lynn Swann, mantan bintang Pittsburgh Steelers dan teman dekat Jenner di hari-hari mereka menjadi host program olahraga ABC. Satu ketika keduanya naik sepeda gunung di dekat mansion Jenner di Malibu, California. Setelahnya, Jenner terjatuh tapi bersikeras ia baik-baik saja, sampai Swann memaksanya ke dokter. Dokter menyatakan dia harus melakukan operasi lutut.

Jadi, bagaimana orang yang energik seperti itu bisa mengambil kursi belakang?. Untuk mendengar Jenner mengatakan itu, hidupnya berbalik ketika ia bertemu Kris Kardashian pada tahun 1990.

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika, bruce and kris
Bruce Jenner and Kris Kardashian

"Saya melayang," kata Jenner kepada majalah People beberapa tahun kemudian. "Saya telah bekerja sangat keras dan tidak punya banyak sesuatu untuk menunjukkan untuk itu."

Mereka menikah pada tahun 1991, dan istri barunya cepat mengambil alih karirnya yang memudar. George Wallach, agen olahraga Jenner dan manajernya sejak Olimpiade, dipecat.

"Tidak ada tempat untuk saya lagi," kata Wallach. "Saya tidak senang tentang itu." Meskipun Wallach kecewa, ia dan Jenner kehilangan kontak setelah mereka berhenti bekerja sama, ia berteori bahwa Jenner tertarik ke arah type istri yang mengambil kendali.

"Ketiga perempuan dalam kehidupan Bruce memiliki peran penting dalam hidupnya," kata Wallach. "Dan saya pikir dalam kadar tertentu, ia memilih untuk membiarkan itu terjadi. Mungkin dia memang membutuhkannya."

Benar saja, keluarga Jenner meluncurkan lini peralatan olahraga yang menguntungkan. Mereka muncul di sampul American Fitness Magazine, dan dipuji sebagai "First Family Fitness." Di tahun 90-an, ia membantu menjalankan perusahaan suku cadang pesawat terbang, sambil terus berakting di TV dan talk show. Kemudian, setelah putri-putrinya yang lebih tua mulai bermunculan di tabloid sebagai bagian dari paket sosialita Paris Hilton, Kris melakukan pertemuan dengan TV host/produser Ryan Seacrest yang akan mengubah kehidupan semua orang.

Di reality show yang diikuti, peran Jenner sebagai orang dibalik layar mengejutkan orang-orang yang mengenalnya dengan baik. "Tampaknya hampir bertentangan dengan Bruce Jenner yang saya kenal," kata McDermott. "Dia adalah seorang superstar pada satu waktu. Dan empat atau lima tahun terakhir tidak terlalu baik baik untuknya, dalam arti semua ketenaran telah terkikis."

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika, kardashian family 2
The Kardashian's family

Hari-hari ini, teman-teman Jenner dari masa lalunya tidak banyak mendengar dari dia. Sementara beberapa orang telah melihat bukti foto dari penampilannya yang berubah, mereka kebanyakan menolak untuk membahasnya. Stryker, mantan pelatihnya, berkata bahwa mereka berbicara beberapa bulan yang lalu ketika perceraian Jenner dari Kardashian diselesaikan (pasangan ini berpisah pada musim gugur 2013). Jenner mengatakan ia baik-baik saja. Tapi ia memang tidak banyak menunjukkan emosi.

Pada "Keeping Up With Kardashians," Jenner terlihat marah hanya ketika keluarganya terancam, seperti waktu paparazi mengejar Kylie di jalan. Tapi di satu episode, ia muncul dengan luka-luka komikal pada penampilannya. Jenner memiliki serangkaian prosedur operasi plastik terdokumentasi dengan baik tahun lalu, termasuk facelift dan operasi hidung.

Hubungan rumit Jenner dengan selebriti dan watak flamboyan keluarga Kardashian membuat pendukung transgender bingung pada potensi kisah Jenner. Fakta bahwa E! terkenal dengan kelakar mesum selebritinya dan pemburu peringkat tidaklah membantu.

"Jika hal ini ternyata menjadi taktik menaikkan peringkat, ini akan menghancurkan mereka," kata Danielle Moodie-Mills, penasihat kebijakan LGBT dan keadilan ras di Center for American Progress. "Transisi bukanlah sesuatu yang dapat digunakan sebagai gimmick untuk meningkatkan profil Anda dan meningkatkan merek dagang dan peringkat Anda."

Namun di era ketika acara TV menampilkan dan dibintangi karakter transgender ("Orange Is the New Black", "Transparent") telah memenangkan pujian utama, ini bisa menjadi kesempatan langka untuk menampilkan kehidupan nyata orang yang melakukan transisi.

"Jika acara ini mendokumentasikan dampak emosional dan fisik transisi dan menunjukkan hal itu dengan cara yang sangat bijaksana dan sensitif yang lebih sebagai pendidikan ketimbang sensasional, maka itu bisa memiliki dampak yang luar biasa," kata Moodie-Mills.

Karena Jenner belum mengomentari berbagai laporan, beberapa organisasi pendukung transgender, termasuk GLAAD, masih mempertimbangkan sikap resmi mereka.

Mengingat Jenner memiliki hubungan dengan penggemar banyak usia, banyak orang akan penasaran untuk mendengarkan komentarnya.

"Saya pikir dia akan melakukan apa yang hatinya katakan," kata Wallach, "dan apa yang terbaik untuk dia dan keluarganya." (washingtonpost/tvsx)

From B to C : Akhir Kisah Pahlawan Amerika
Caitlyn Jenner On Vanity Fair Cover

Disleksia (bahasa Inggris: dyslexia): adalah sebuah gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia 7 hingga 8 tahun. Ditandai dengan kesulitan belajar membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami meskipun normal atau diatas rata-rata. Ini termasuk kesulitan dalam penerapan disiplin Ilmu Fonologi, kemampuan bahasa/pemahaman verbal. Diseleksia adalah kesulitan belajar yang paling umum dan gangguan membaca yang paling dikenal. (wiki)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar