Tips Memilih Karpet

tips memilih karpet
Rumah yang lantai-lantai ruangannya dilapisi oleh karpet akan tampak elegan dan mewah ketimbang rumah yang lantainya polos begitu saja.

Selain untuk memenuhi faktor estetika, Karpet untuk rumah juga bisa dijadikan bahan investasi. Oleh karenanya pengetahuan dalam pemilihan karpet akan menjadi hal yang sangat berguna.

Memilih karpet yang murah mungkin tampak menarik dan tidak membebani keuangan, tapi memilih karpet yang lebih mahal dari segi investasi jelas lebih baik. Karpet berkualitas tinggi akan selalu terlihat baru dan terasa lebih lembut di kaki. Berikut tips dalam memilih karpet:

Lihatlah kandungan seratnya

tips memilih karpet
Serat Karpet

memiliki tekstur yang berbeda, tekstur ini ditentukan oleh serabut-serabut pada permukaan karpet. Serabut-serabut ini memiki kerapatan dan tinggi yang bervariasi. Semakin rapat berarti semakin semakin rapat pula jahitannya dan semakin tinggi tingkat keawetannya.

Serat Polypropylene paling baik digunakan untuk karpet dengan tingkat pemakaian tinggi. Bahan nilon bisa tahan aus, pewarnaan tahan lama dan tidak memudar. Bahan wol cukup baik untuk karpet, tetapi harus segera dibersihkan segera jika terkena noda. Polyester menolak noda, tetapi jejak kaki akan mudah terlihat.

Masing-masing sifat ini harus dipertimbangkan ketika mencari karpet yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Pilih karpet ramah lingkungan

tips memilih karpet
Jenis Karpet

Beberapa orang sangat berhati-hati saat membeli karpet karena dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti asma. Untuk mengantisipasi problem semacam ini, anda dapat memilih karpet yang terbuat dari bahan natural seperti wool, rami, atau bahan organik lainnya.

Jika memungkinkan, pilih juga karpet yang tidak menggunakan bahan pewarna kimia untuk menjauhkan racun dari lingkungan rumah anda.

Pilih warna karpet yang tidak mudah memudar

tips memilih karpet
Warna Karpet

Pilih karpet yang warnanya tidak mudah memudar terutama untuk ruangan dengan banyak jendela dan cahaya alami. Karpet berbobot ringan tidak akan memudar. Pilih saja yang berwarna netral karena pemudaran akan terlihat samar. Selain itu, lebih memungkinkan Anda untuk mengubah dekorasi yang diinginkan dan memberikan tampilan lantai ruangan yang menarik.

Selembar karpet juga dapat memberikan kesan luas pada sebuah ruangan jadi pilihlah warna-warna yang terang dan cerah. Untuk warna-warna karpet yang lebih gelap misalnya merah, dapat membuat ruangan anda lebih cozy. Anda juga dapat memilih warna hijau atau biru untuk kesan suasana yang sejuk dan rileks.

Pilih karpet tahan noda

tips memilih karpet
Noda Karpet

Karpet tahan noda adalah investasi terbaik untuk area dengan lalu lintas tinggi dan untuk rumah dengan banyak anak-anak dan hewan peliharaan. Pilih karpet berlabel tahan noda karena mengandung bahan kimia yang membantu mengusir kotoran dan menjaga dari penyerapan udara lembap.

Tentukan fungsi ruangan lalu sesuaikan

tips memilih karpet
Karpet Ruang Tidur

Tentukan terlebih dahulu tujuan ruangan yang akan anda pasangi karpet. Hal ini sangat mempengaruhi pilihan jenis karpet yang akan anda pasang, jika ruangan kamar tidur yang akan anda pasangi karpet berarti intensitas orang berlalu lalang di ruang tersebut rendah. Anda dapat memilih karpet yang berbahan lembut dan mewah.

Untuk ruangan lain yang traffic lalu lalangnya tinggi misal ruang keluarga, dapat menggunakan karpet yang mudah dibersihkan. Karpet bermotif dapat mengkamuflasekan noda dengan baik serta menjadi focal point sebuah ruang. Namun, jika anda tidak menginginkan focal point terletak pada karpet, anda dapat memilih karpet yang polos dan sesuaikan juga dengan gaya interior ruangan anda.

Pahami cara perawatannya

tips memilih karpet
Membersihkan Karpet

Saat membeli, tanyakan juga cara perawatannya, Jangan pilih karpet yang butuh perawatan rumit. karena akan sangat menyita waktu anda. Hal ini cukup penting untuk dipertimbangkan karena anda harus selalu menjaga kebersihan karpet agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan bagi penghuni rumah Apalagi jika anda memiliki buah hati atau hewan peliharaan seperti Kucing atau Anjing lebih baik pilih jenis karpet yang mudah dibersihkan untuk menghemat waktu anda.

Siapkan pula Padding Materialnya, yaitu adalah Lapisan antara karpet dengan lantai, lapisan ini mempengaruhi performa karpet karena menentukan keawetan suhu dan kenyamanan karpet. Padding material dapat dibuat dari lapisan yang memiliki daya insulasi bagus. Lapisan dari bahan karet spons cocok untuk area yang trafficnya tinggi, busa karet lebih kuat dan tahan lama atau busa urethane yang dipadatkan atau lembut.

Pertimbangkan masalah budget

tips memilih karpet
Galeri Karpet

Terakhir tentu saja masalah budget harus menjadi pertimbangan paling penting. Jangan sampai karena ngotot ingin memperindah ruangan dengan karpet mahal, malah membuat keuangan keluarga jadi kacau balau. Usahakan untuk mendapat kualitas maksimal sesuai dengan biaya yang sudah anda siapkan. (int/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar