Cara Membedakan Batu Akik Asli Dengan Imitasi

membedakan batu akik asli dengan batu akik imitasi
Disela-sela booming batu akik di awal tahun 2015 ini , ada satu masalah yang cukup mengganjal terutama bagi para penggemar batu akik pemula yaitu tentang keaslian batu akik pilihannya.

Hal ini membuat para penggemar pemula tersebut was-was ketika memilih-milih batu akik yang hendak dibelinya.

Booming batu akik juga membuat para pedagang batu akik meraup keuntungan yang sangat besar. Keuntungan yang menggiurkan ini membuat sebagian oknum pedagang lalu berbuat curang dengan menyelipkan batu-batu akik imitasi atau "batu masakan" dalam dagangannya.

Bagi penggemar batu akik pemula, mungkin menjadi sesuatu yang membingungkan untuk membedakan batu akik asli dengan batu akik masakan. Akan tetapi, dengan sedikit pengetahuan, ketelitian dan kesabaran, Anda pasti bisa membedakannya.

membedakan batu akik asli dengan batu akik imitasi, senter batu akik
Senter Batu Akik

Perangkat utama dan mendasar untuk melihat keaslian dan kualitas batu akik adalah senter. Batu akik asli ketika disenter akan terlihat adaya serat-serat. Serat-serat ini jugalah yang menentukan harga dan kualitas batu akik. Batu akik masakan tidak akan memiliki serat, dan akan terlihat jernih sekali ketika disenter. Hal ini tentunya hanya bisa dilakukan pada kaca atau batu-batu yang jernih dan tembus pandang seperti bacan dan pandan. Batu alami pasti memiliki serat-serat natural dan unik, berbeda dengan buatan manusia.

membedakan batu akik asli dengan batu akik imitasi, serat batu akik
Serat Batu Akik

Anda juga bisa mencoba meneteskan air ke atas batu, apabila tetesan tersebut menetap, maka batu akik tersebut sudah pasti asli. Hal pembeda lainnya adalah berat. Batu akik asli dan kaca bisa terasa berbeda beratnya. Akan tetapi, jika Anda baru mulai tertarik dengan batu akik, maka hal ini akan sulit dirasakan. Pembeli batu akik senior biasanya sudah langsung tahu hanya dengan melihat dan memegangnya.

Cara lainnya untuk mengetahui kualitas dan keaslian batu akik adalah dengan memanfaatkan teknologi touchscreen yang terdapat pada perangkat elektronik atau seluler seperti Laptop atau Smartphone. Batu akik asli akan bereaksi selayaknya sentuhan jari saat ditempelkan pada layar touchscreen. Sedangkan hal yang sebaliknya terjadi pada batu akik imitasi atau masakan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video dibawah ini.


Pada dasarnya membedakan batu akik asli dengan batu imitasi tergantung pada pengalaman atau jam terbang. Bagi penggemar batu akik tingkat pemula sebaiknya membawa pendamping penggemar yang sudah senior dan berpengalaman saat akan membeli/memilih batu kesukaanya.

Cara termudah agar tidak tertipu saat membeli batu akik adalah: Belilah batu akik yang masih berbentuk bahan. Dahulu, sebelum booming batu akik merebak, mencari batu akik yang masih berbentuk bahan memang agak sulit. Tetapi sekarang sangat mudah menjumpai pedagang yang menggelar jualan bahan-bahan batu akik.

Hanya saja membeli batu akik yang masih berbentuk bahan itu ibarat berjudi, karena kita tidak tahu bakal seperti apa jadinya batu akik tersebut setelah diasah dan dipoles. Mungkin cantik mungkin malah jadi tidak menarik sama sekali.

Demikian artikel singkat tentang cara membedakan batu akik asli dengan batu akik imitasi atau masakan. Semoga ada manfaatnya. (int/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar