Misteri Toynbee Tiles

http://tvsoax.blogspot.com/2014/10/misteri-toynbee-tiles_30.html
Sebenarnya sudah banyak postingan yang mengangkat topik tentang misteri The Toynbee Tiles alias ubin Toynbee ini, namun topik bahasan tentangnya tetap menarik karena aspek misterinya yaitu fakta hingga kini misteri The Toynbee Tiles belum juga kunjung terpecahkan.

Siapa yang membuatnya?, siapa yang memasangnya?, kapan dipasang?, apa arti dan tujuan pesan-pesan yang tertulis?, semuanya masih menjadi misteri.

The Toynbee tiles atau disebut juga lempengan Toynbee adalah sejumlah pesan misterius yang tidak diketahui asal-usulnya dan ditemukan tertanam di aspal jalan-jalan di sekitar dua lusin kota besar di Amerika Serikat dan empat ibukota Amerika Selatan.

Sejak tahun 1980-an, beberapa ratus ubin telah ditemukan. Mereka umumnya seukuran sebuah lempengan ubin Amerika (sekitar 30 cm x 15 cm), tapi kadang-kadang jauh lebih besar. Mereka umumnya memiliki tulisan utama:

TOYNBEE IDEA
IN MOVIE 2001
RESURRECT DEAD
ON PLANET JUPITER

Beberapa ubin yang lebih rumit juga memiliki variasi pernyataan politik tersamar seperti : "Murder every journalist, I beg you" dan "Submit. Obey". Catatan kaki lainnya, diantaranya berisi kecaman terhadap media, kelompok Yahudi, dan mafia. Lainnya menasihati pembaca untuk membuat dan memasang ubin yang sama untuk mereka sendiri.

Bahan yang digunakan untuk membuat ubin masih misteri, tetapi dari bukti-bukti yang ada mereka mungkin terbuat dari linoleum dan campuran aspal. Artikel tentang The Toynbee Tiles ini mulai muncul di pertengahan 1990-an, meskipun ada referensi yang menunjukkan mungkin topik berita tentang ubin Toynbee ini sudah mulai muncul di pertengahan 1980-an.

Ubin Toynbee pertama kali difoto di akhir 1980-an. Dari referensi diketahui, berita pertama tentang pertama mereka muncul di media pada tahun 1994 di harian The Baltimore Sun. Namun pada tahun 1983, The Philadelphia Inquirer menerbitkan cerita yang direferensikan pada sebuah kampanye yang berbasis di Philadelphia untuk membangkitkan orang mati di Jupiter.

Di Amerika Serikat, The Toynbee Tiles terlihat di Kansas City, Missouri. Boston, Massachusetts serta Washington, DC. Sejak tahun 2002 sangat sedikit kemunculan ubin yang dianggap sebagai karya seniman asli di luar wilayah Philadelphia, meskipun satu penampakan terkenal muncul di pinggiran kota Connecticut pada tahun 2006 dan lainnya muncul di New Jersey pada tahun 2008.

Beberapa ubin yang diduga merupakan karya plagiator telah terlihat di Noblesville, Indiana, Buffalo, New York, dan di wilayah-wilayah Pantai Barat, termasuk San Francisco, California; Portland, Oregon; dan Roswell, New York. Ubin lainnya juga terlihat di pusat kota Tulsa, Oklahoma pada tahun 2013 dan Detroit, Michigan pada tahun 1997. Banyak ubin yang lebih tua dan dianggap merupakan karya asli telah terkikis oleh lalu lintas dalam kota. Tetapi sejak tahun 2011 ubin tua tetap dapat dilihat di Pittsburgh, Pennsylvania. St. Louis, Missouri. Cincinnati dan Cleveland, Ohio dan di beberapa kota di Amerika Selatan.

Pada tanggal 19 Juni 2013, sebuah ubin yang menyerupai ubin Toynbee muncul di sebuah jalan di Topeka, Kansas. Tetapi menghilang keesokan harinya. Kurang dari sebulan kemudian, pada tanggal 17 Juli 2013, ubin yang sama muncul di sebuah jalan di Salt Lake City, Utah.

Beberapa ubin terbaru telah tertanam di beberapa jalan raya utama, termasuk Interstate 476 di Delaware County, dan di Interstate 95. Sekitar enam lainnya ditemukan pada jalan raya antar negara bagian, US 1 ke utara mulai di Drexel Hill di Delaware County pada tahun 2007 dan 2008. Lempengan ini tampak jauh lebih besar daripada asli dan memiliki tulisan miring berwarna merah.

toynbee tiles
The Toynbee Tiles 1

Mayoritas ubin berisi teks yang sama dengan gambar di atas, meskipun set kedua sering ditemukan di dekatnya. Beberapa dari ini menyinggung konspirasi massal antara pers (termasuk koran milik John S. Knight), pemerintah AS, Uni Soviet (meskipun beberapa ubin tampaknya dibuat beberapa tahun setelah pembubaran Uni Soviet), dan Yahudi. Semua ubin dibuat nyaris dengan gaya penulisan yang sama tetapi berkualitas buruk.

Sebuah ubin yang ditemukan di Santiago de Chile, Chile, menyebutkan alamat sebuah jalan di Philadelphia, AS, "Pennsylvania: 2624 S. 7th Philadelphia, PA". Para penghuni rumah di alamat tersebut merasa sangat terganggu oleh banyaknya orang yang datang dan bertanya-tanya. Mereka mengaku tidak tahu apa-apa soal The Toynbee Tiles. Tetapi orang-orang tetap memiliki keyakinan bahwa alamat tersebut merupakan alamat pembuat The Toynbee Tiles.

Penggemar misteri The Toynbee tiles percaya bahwa pembuat ubin Toynbee adalah seorang yang berasal dari Philadelphia karena adanya sejumlah besar ubin yang pertama kali muncul di kota itu, usia ubin, berbagai gaya ukiran, ketrampilan, dan alamat di Philadelphia seperti yang terdapat pada ubin yang muncul di Santiago de Chile.

Kata "Toynbee" pada The Toynbee Tiles umumnya dianggap merujuk ke nama sejarawan terkenal asal Inggris, Arnold J. Toynbee atau pada cerita pendek Ray Bradbury, " The Toynbee Convector ". Sementra kata "Kubrick 2001" diperkirakan merujuk pada sebuah film yang dirilis pada tahun 2001 berjudul "A Space Odyssey" yang ditulis dan disutradarai oleh sutradara film terkenal Stanley Kubrick.

Film itu menceritakan tentang seorang pria yang lahir kembali untuk melaksanakan sebuah misi di planet Jupiter. Tetapi yang menjadi pertanyaan, apakah hubungan antara Arnold J. Toynbee dengan Stanley Kubrick?.

Dari dua nama ini, para penggemar misteri mulai mencoba untuk memecahkan rahasia pesan aneh ini. Dan dari penyelidikan ini pula ditemukan adanya petunjuk-petunjuk yang menghubungkan Toynbee dan Kubricks.

Petunjuk pertama, Toynbee ternyata pernah menulis mengenai seseorang yang bernama Zoroaster yang memiliki pemikiran tentang ide-ide Monotheisme. Nama Zoroaster ini juga muncul di soundtrack film 2001: A Space Odyssey yang berjudul Thus Spoke Zoroaster.

Menurut surat yang ditulis oleh tiler (diduga ditemukan oleh peneliti ubin Toynbee di Philadelphia pada tahun 2006), "Gagasan Toynbee" berasal dari bagian Buku Pengalaman Arnold Toynbee, hal 139-142:

"Sifat manusia menyajikan pikiran-fikirannya bagaikan teka-teki yang belum mampu mereka pecahkan dan mungkin tidak akan pernah berhasil dipecahkan. Dikotomi seorang manusia menjadi 'jiwa' dan 'tubuh' bukanlah fakta dari pengalaman hidup. Tidak seorang pun pernah berjumpa, atau pernah bertemu dengan jiwa manusia tanpa tubuh. Seseorang yang menerima-seperti yang saya lakukan sendiri, mengambil sebuah kepercayaan ilmiah masa kini. Dunia mungkin mustahil percaya bahwa makhluk hidup setelah mati, bisa hidup kembali. Tetapi jika dia meyakini keyakinan ini, ia akan berpikir lebih 'ilmiah' jika ia berpikir dalam apa yang dalam istilah Kristen disebut kebangkitan psikosomatik. Itu lebih dapat diterima daripada jika dia berpikir dalam istilah perdukunan dari roh tanpa tubuh"

Interpretasi lain yang mungkin adalah bahwa referensi The Toynbee Tiles berasal dari penulis fiksi ilmiah cerita pendek Ray Bradbury "The Toynbee Convector", yang menyinggung gagasan Toynbee bahwa untuk bertahan hidup, manusia harus selalu terburu-buru untuk menuju masa depan. Percaya dunia akan menjadi lebih baik. Dan harus selalu bertujuan jauh melampaui semua kemungkinan praktis untuk mencapai sesuatu yang nyaris tidak berada dalam jangkauan.

Dengan demikian pesan yang terdapat di ubin Toynbee itu mungkin memberitahu bahwa manusia harus berusaha untuk menjajah Jupiter atau sesuatu yang lebih besar, untuk bertahan hidup.

Penjelasan lain yang mungkin dapat diberikan adalah bahwa pesan di ubinToynbee itu mengutip drama singkat oleh pengarang David Mamet yang ditulis pada tahun 1983 dan diterbitkan dalam koleksi Goldberg Street berjudul Kumpulan Drama pendek dan Monologues pada tahun 1985. Drama itu bercerita tentang seorang penyiar radio yang terlibat percakapan dengan seorang penelepon misterius yang terobsesi dengan ide-ide Arnold J. Toynbee.

Penelepon itu berpendapat bahwa film tahun 2001, "A Space Odyssey" yang dibuat berdasarkan tulisan-tulisan Arnold Toynbee, berbicara tentang rencana untuk menyusun kembali kehidupan di Jupiter.

Pembawa acara radio dengan cepat menunjukkan kesalahan faktual serta tidak logisnya pernyataan si penelepon karena mustahil bagi siapapun untuk tinggal di planet Jupiter. David Mamet telah berbicara berdasarkan keyakinannya bahwa The Toynbee Tiles adalah sebuah penghormatan baginya.

https://tvsoax.blogspot.com/2014/10/misteri-toynbee-tiles_30.html
The Toynbee Tiles 2

Para peneliti ubin Toynbee, dalam film dokumenter berjudul "Resurrect Dead : The Toynbee Mistery", tahun 2011, mengklaim telah menemukan beberapa potongan bukti yang mendahului pengakuan David Mamet, termasuk 1.980 panggilan oleh seseorang yang diduga pembuat The Toynbee Tiles ke acara radio The Larry King Show.

Selain itu, film dokumenter ini juga mengutip sebuah artikel surat kabar yang terbit di The Philadelphia Inquirer pada tanggal 13 Maret 1983, yang berjudul "Theories : Wanna run that me again ?," oleh Clark Deleon, yang menceritakan percakapan antara Deleon dan James Morasco:

"Sebut saja aku skeptis, tapi aku telah menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari konsep James Morasco yang mengatakan bahwa planet Jupiter dapat dijajah dengan membawa semua orang di Bumi yang pernah meninggal dan dihidupkan kembali".

"Morasco mengatakan dia adalah seorang pekerja sosial di Philadelphia dan menemukan ide penjajahan planet Jupiter itu dari sebuah buku karya sejarawan Arnold Toynbee, yang mengemukakan sebuah teori bahwa molekul mati dapat dihidupkan kembali seperti yang digambarkan dalam film 2001: "A Space Odyssey". Itu sebabnya Morasco menghubungi penyiar radio dan koran untuk menyebarkan pesannya. Morasco bahkan mendirikan sebuah organisasi kolonisasi Jupiter disebut Asosiasi Minoritas," kata Deleon.

Seorang reporter lain yang mencoba menghubungi Morasco pada tahun 2003 menemukan fakta bahwa pria tersebut telah meninggal pada Maret 2003 di usia 88 tahun. Namun istri Morasco mengatakan kepada reporter tersebut bahwa suaminya tidak mengetahui apa-apa soal ubin misterius itu.

Banyak yang percaya bahwa Morasco pelakunya. Namun teori ini agak sulit diterima karena jika benar Morasco yang memasang ubin itu, itu berarti ia memasang semuanya ketika ia berusia 70 tahun lebih. Bukan itu saja, teori ini sepertinya terpatahkan dengan sendirinya karena setelah kematiannya pada tahun 2003, masih banyak ubin baru lain yang ditemukan.

Seorang penggila Toynbee Tiles bernama Justin Duerr mengklaim pernah menemukan sebuah ubin yang baru dipasang. Dari sanalah Duerr mengaku menemukan cara bagaimana ubin Toynbee itu dipasang. Ubin baru ini dibungkus dengan kertas tar dan ditempatkan di jalan yang sibuk pada dini hari. Oleh tekanan yang diberikan oleh kendaraan yang lalu lalang di atasnya selama berminggu-minggu membuat ubin melesak ke permukaan jalan. Kemudian kertas tar yang tipis itu hancur oleh panas matahari dan hujan, maka tersingkaplah pesan Toynbee Tiles itu.

https://tvsoax.blogspot.com/2014/10/misteri-toynbee-tiles_30.html
The Toynbee Tiles 3

Ubin besar yang terletak di tengah-tengah jalan yang sibuk cenderung cepat rusak dan mengaburkan pesan. Sementara ubin kecil yang terletak dekat dengan tempat penyeberangan orang cenderung berada dalam kondisi yang lebih baik.

Ratusan ubin telah hancur selama pemeliharaan jalan rutin. Dewan Kota Chicago telah menyatakan ubin Toynbee merupakan vandalisme dan tidak berbeda dengan grafiti liar, menghapus semua ubin yang ditemukan di jalan-jalan.

Sebuah kumpulan ubin besar lainnya lenyap ketika Chestnut Street di Philadelphia diaspal ulang. Satu ubin yang terletak di sudut-sudut jalan Talcahuano dan Santa Fé di Buenos Aires, Argentina, yang dipasang tahun 1996 rusak dan tidak terbaca.

Tidak ada lembaga publik atau swasta yang didedikasikan untuk melestarikan ubin Toynbee. Banyak ubin Toynbee sekarang hanya berupa foto yang diambil sebelum kehancuran mereka. Ubin Toynbee telah menikmati perhatian dari media Amerika dan Eropa, termasuk dari The New York Times, The Chicago Sun Times, Spiegel Online, dan NPR.

Pada tahun 2011, pembuat film asal Philadelphia Justin Duerr, Jon Foy, Colin Smith, dan Steve Weinik merilis film dokumenter tentang ubin Toynbee berjudul "Resurrect Dead : The Toynbee Tiles Mistery". Film ini diikut sertakan dalam Festival Film Sundance 2011 dan memenangkan kategori Directing Award. (wiki/tvsx)

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar